Tak Dirawat, Kondisi Tugu Perbatasan Kota Kalianda Memprihatinkan
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Selasa, 30 April 2019

Tak Dirawat, Kondisi Tugu Perbatasan Kota Kalianda Memprihatinkan

Kondisi tugu perbatasan yang sudah dipenuhi rumput liar

KALIANDA, KALIANDANEWS - Tugu perbatasan Kota Kalianda yang berada di Desa Canggu Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan kondisinya tidak terawat dan terkesan tak diurusi oleh Pemkab Lamsel.

Dua tugu dengan tulisan "selamat datang di Kota Kalianda" itu saat ini ditumbuhi rumput liar disekelilingnya. Cat tugu perbatasan itupun terlihat sudah pudar dan nampak sudah lama tidak di percantik.

Muramnya wajah tugu perbatasan itupun memantik warga untuk berkomentar. Warga setempat menyayangkan kondisi tugu perbatasan yang tak terawat itu.

"Saya sebagai warga sini (Canggu, red) merasa sangat prihatin terhadap taman tugu perbatasan kota Kalianda sudah sepeti hutan, semak blukar tumbuh, catnya kusam, papingblok nya sudah pada amblas," kata Mukmin (26) warga Desa Canggu yang rumahnya dekat dengan tugu perbatasan.

Ia juga mempertanyakan peran pemerintah dalam merawat tugu perbatasan tersebut. Padahal menurutnya beberapa tahun lalu tugu tersebut selalu dirawat dan terlihat indah.

"Saya heran apakah memang sudah tidak di rawat lagi, apa memang sudah di biarkan terbengkalai oleh pemerintah, padahal itu dulu indah banget, anak-anak, ibu-ibu suka duduk-duduk di tamnnya, sekarang udah gak jelas mungkin tamu yang berkunjung dari daerah lain pun berpikir sama seperti saya mas," tutur dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Syakinah (24), ia menuturkan tugu perbatasan kota Kalianda itu sudah sejak lama seperti tidak terawat. "Iya tidak terurus, kusam, kotor. tidak ada penerangan sama sekali. Pemkot harus turun dan dibenahi
agar dikenali masyarakat yang datang dari dalam atau luar karena itu perbatasan kota. Terkadang malu sama masyarakat luar, Kalianda punya tugu perbatasan yang tidak terurus," ungkap dia.

Sementara saat Kaliandanews.com mengkonfirmasi hal tersebut ke Kecamatan Kalianda, Camat Kalianda Erdiyansyah mengatakan perawatan tugu perbatasan tersebut merupakan tugas Dinas PU dan Disperkim Lamsel. "PU n perkim klo taman," ungkap Erdi melalui pesan singkat Whatsapp. (Kur)