Blangko E-KTP Kosong, Disdukcapil: Kita Usahakan Minggu ini Sudah Ada
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Selasa, 18 Juni 2019

Blangko E-KTP Kosong, Disdukcapil: Kita Usahakan Minggu ini Sudah Ada


KALIANDA, KALIANDANEWS - Terkait kosongnya stok Blangko KTP Elektronik di Kabupaten Lampung Selatan, melalui Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menghimbau masyarakat, agar sementara ini melakukan perekaman terlebih dahulu.

Hal tersebut di jelaskan oleh Kepala Disdukcapil Edi Firnandi. Dikatakan Edi, pihaknya tak menapik jika saat ini disdukcapil mengalami kekosongan Stok Blangko E-KTP. Hal itu disebabkan oleh naiknya partisipasi masyarakat yang ingin membuat KTP pasca lebaran idul fitri.

"Jadi salah satu kendala kekosongan ini juga disebabkan banyaknya warga yang ingin membuat KTP setelah lebaran. Sekarang ini hampir 300% meningkat, padahal biasanya hanya 50 orang, tapi sekarang ini dalam sehari bisa 300 yang buat KTP," Jelas Edi kepada kaliandanews, Selasa (18/6/19).

Selain itu juga kata Edi, jika dibandingkan sebelum memasuki bulan puasa, biasanya pengajuan Blangko ke Pusat selalu terpenuhi. Namun akhir-akhir ini, pemerintah pusat hanya memberikan se-adanya saja.

"Sebelum puasa biasa kita minta 10rb dikasih 5rb, ya paling tidak setengahnya kita dikasih. Kalau segitu cukuplah untuk 1 bulan. Nah kalo sekarang ini kita minta 4000 saja hanya di kasih 500. Kan kita minta itu berdasarkan jumlah yang belum kita cetak," Tandas Edy.

Kendati demikian, pihaknya akan terus berusaha mencukupi quota permintaan daripada masyarakat yang ingin mencetak KTP. Sebab, permintaan masyarakat setiap harinya tidak bisa diprediksi.

"Biasanya kita ke Jakarta ini sebulan sekali, tapi akhir-akhir ini kita berangkat 1 minggu 2 kali ke jakarta. Kabupaten lain juga sama, tapi berhubung kita dekat dengan jakarta, makanya bisa kita usahakan. Pokoknya minggu ini kita upayakan Blangko E-KTP sudah bisa tersedia, rencananya staf kita hari kamis berangkat ke Jakarta, jadi semoga jumat sudah ada," Pungkas Edy. (Nzr)