Sutopo BNPB Meninggal Dunia, Netizen Bergemuruh
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Minggu, 07 Juli 2019

Sutopo BNPB Meninggal Dunia, Netizen Bergemuruh

ripsutopo
Sutopo PN. Foto: Istimewa
Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia dini hari ini di Guangzhou, China.

Sutopo meninggal pukul 02.00 waktu setempat. Kabar meninggalnya Sutopo itu disampaikan Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB melalui Twitter resminya, Minggu (7/7/2019).

"Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau," tulis Direktorat PRB.

Sejak kabar meninggalnya Sutopo disampaikan, deretan trending topic Twitter Indonesia pagi ini dipenuhi oleh hashtag dan topik terkait dengan kepergiannya, antara lain #ripsutopo, Pak Topo, dan Guangzhou.

Semasa hidupnya, Sutopo adalah orang yang paling dicari ketika terjadi bencana alam. Kondisi sakit tak menghalangi kecepatannya menyampaikan informasi terkini mengenai bencana alam.

Akun Twitternya @Sutopo_PN dimanfaatkan Sutopo untuk menjalankan tugasnya sebagai Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selain itu, dia juga kerap menghibur followernya dengan berbagai guyonan, serta kerap membagikan pengalamannya sebagai penyintas kanker sehingga menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Sebelum berangkat ke Guangzhou, kelahiran Boyolali 7 Oktober 1969 ini sempat menyapa para followernya di Instagram @Sutopopurwo dan meminta doa restu menjalani satu bulan pengobatan di sana.

Didiagnosis kanker paru-paru sekitar awal Desember 2017, perjuangan Sutopo melawan penyakitnya itu pun harus berakhir.