Adat dan Budaya Tumpah di Acara Pelantikan Kades Kecamatan Penengahan
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Selasa, 27 Agustus 2019

Adat dan Budaya Tumpah di Acara Pelantikan Kades Kecamatan Penengahan


PENENGAHAN, KALIANDANEWS – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melantik 14 Kepala Desa dari 14 Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III tahun 2019, yang berasal dari Kecamatan Penengahan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah diselenggarakan sebanyak Dua Sesi Pelantikan, untuk sesi pertama Sumpah jabatan disematkan kepada 7 Kepala Desa yang dirangkai dengan pengukuhan Ketua Tim Penggerak PKK Desa itu, dilaksanakan di lapangan Desa Taman Baru, Kecamatan Penengahan, pada Selasa (27/8/2019) pagi.

Ketujuh Kepala Desa yang dilantik yakni, Toto sebagai Kepala Desa Kelaten, Andriyansyah sebagai Kepala Desa Padan, Sumali sebagai Kepala Desa Pasuruan, Azhari sebagai Kepala Desa Taman Baru, Suhatsyah sebagai Kepala Desa Kuripan dan Turisman sebagai Kepala Desa Gandri.


Sementara itu, 7 Kepala Desa di Kecamatan Penengahan lainnya, dilantik secara terpisah pada siang harinya di lapangan Desa Penengahan, Selasa (27/8/2019) sekitar pukul 14.00 WIB.

Adapun, Kepala Desa yang dilantik yakni, M. Badri sebagai Kepala Desa Tetaan, Sahbudin sebagai Kepala Desa Tanjung Heran, Umar Dani sebagai Kepala Desa Banjarmasin, dan Hendri sebagai Kepala Desa Gayam, Muhammad Ramli sebagai Kepala Desa Gedung Harta, Abdul Radyid sebagai Kepala Desa Way Kalam, dan Shofiudin sebagai Kepala Desa Penengahan.


Namun Nampaknya pelantikan kali ini di Kecamatan Penengahan bukan hal yang biasa. Acara yang digelar 5 Tahunan ini menampilkan Berbagai macam kesenian Adat dan Budaya yang sangat langka terjadi. Seluruh Elemen Adat Budaya nampak Hadir pada kesempatan tersebut yang juga disajikan dalam penyambutan Plt. Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Mulai dari tokoh adat Keratuan Darah Putih, Saibatin Marga Ratu Keratuan Ratu Menangsi Pangeran Cahya Marga, Marga Dantaran Pangeran Naga Beringsang, Pangeran Mangku Bumi Marga adat Paksi Segeri Suku Marga Ratu Keratuan Ratu Menangsi, Pangeran Muda Bandarsyah, Pangeran Tihang Di Lampung, beserta para tokoh adat Paksi Segeri Suku Marga Ratu Keratuan Ratu Menangsi.

Tak ketinggalan berbagai kesenian mulai dari Tari-Tarian, Tuping, Pencak Silat, Gitar Tunggal, Hadroh. gitar tunggal,hadroh. Selain itu atribut kjas lampung juga disajikan dalam acara tersebur. Seperti, Kikat Hanuang Bani, Kain Tumpal, Tukkus, dan Selendang Tapis serta Ornamen kebung khas lampung muncul pada pelantikan tersebut.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan ucapan selamat kepada ketujuh Kepala Desa hasil Pilkades serentak tahun 2019 yang baru saja dilantik. Menurutnya, dengan resmi dilantik, maka tanggungjawab sebagai Kepala Desa akan semakin besar, dalam memajukan desanya masing-masing sesuai dengan visi misinya.

“Saya minta Kepala Desa itu punya suatu terobosan bagaimana memajukan desanya. Lakukan koordinasi dengan kecamatan, kan disitu ada dana pemberdayaan masyarakat. Saya juga berharap, Hilangkan rasa dendam, tidak ada lagi tim sukes tim suksesan, yang ada ini masyarakat kita semua. Tugas pak kades adalah merangkul itu semua,” Tegas orang Nomor Satu di Bumi Khagom Mufakat ini.

Sementara itu Camat Penengahan Erdiyansyah mengatakan, digaungkannya Adat dan Budaya pada saat acara pelantikan merupakan bentuk kearifan lokal yang harus terus dikedepankan.

"Kecamatan Penengahan ini adalah daerah dimana struktur adat dan budayanya masih sangat kuat dan kental. Sehingga harus dimunculkan sebagai khasanah kekayaan kebudayaan lampung selatan.
Hal ini tentu dapat menjadi daya tarik wisata. Terlebih Kecamatan Penengahan penuh cerita perjuangan," Pungkas Erdy.

Turut hadir juga dalam acara itu anggota DPRD Provinsi Lampung terpilih dari Partai Gerindra Fahrurozi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni beserta sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemkab Lampung Selatan serta Forkopimcam Penengahan.
(nzr/kmf)