Banyak Keuntungan Jika Sudah Miliki Kartu Identitas Anak (KIA)
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Jumat, 23 Agustus 2019

Banyak Keuntungan Jika Sudah Miliki Kartu Identitas Anak (KIA)

Foto: Kadisdukcapil Edy Firnandi

KALIANDA, KALIANDANEWS
- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Selatan menargetkan bisa mencetak 18.000 kartu identitas anak (KIA) di tahun 2019.

Kepala Disdukcapil Lampung Selatan, Edy Firnandi mengatakan saat ini pihaknya baru mencetak 4000 KIA untuk anak-anak usia 5 sampai dengan 7 tahun.

"Kita sudah terbit 4000 kia, target kita 18.000 sampai akhir 2019 ini, sudah ada blangko sebanyak 45.000. jadi nanti buat paspor, buat rekening bank pakai Kartu Identitas Anak," kata Edy di kantor Disdukcapil Lamsel, (23/08/19).

Edy menerangkan, persyaratan pembuatan KTP untuk anak tersebut cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama, karena orang tua hanya harus menyiapkan kartu keluarga (KK), akte kelahiran, serta pas foto 3x4.

"Keuntungannya, status pendataan anak dan legalitas anak bisa terdata, kemudian juga proses administrasi kependudukan seperti paspor, pembuatan rekening juga bisa menggunakan ini.

Kedepan juga ia mengatakan akan ada banyak keuntungan untuk anak yang memiliki KIA, karena pihak Disdukcapil akan MoU dengan berbagai pihak seperti franchise-franchise yang ada sehingga akan ada discount untuk anak yang memiliki KIA.

"Tapi jangan resah untuk masyarakat yang mau masukan anaknya sekolah, karena untuk sekolah belum ada persayaratan harus menggunakan KIA, hanya identitas aja," terang mantan ketua KONI Lamsel itu.

Sementara Rendi Andika, salah seorang Warga Lampung Selatan dari Kecamatan Natar yang membuatkan KIA untuk anaknya mengatakan, pembuatannya tidak rumit dan tidak memakan banyak waktu.

"Bikinnya gak lama, gak sampe 10 menit, buat jaga-aaga anak saya takut dimintain sama pihak sekolah," kata Rendi. (Nzr/kur)