Keren! Warga Kibarkan Merah Putih di Air Terjun Way Tayas Lamsel
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Sabtu, 17 Agustus 2019

Keren! Warga Kibarkan Merah Putih di Air Terjun Way Tayas Lamsel


KALIANDA, KALIANDANEWS - Masyarakat Desa Sukaraja Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan gelar upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 dan kibarkan bendera di salah satu objek wisata desa setempat yakni Air Terjun Way Tayas.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Saifulloh mengatakan, kegiatan upacara dan pengibaran bendera ini di ikuti oleh 45 warga yang memiliki makna tahun kemerdekaan, serta ukuran bendera 7x4 M yang melambangkan HUT ke-74 RI.

“Sementra Lokasi pengibarannnya, kita sengaja di ketinggian 17 Meter sebagai simbol tanggal kemerdekaan. Upacara yang kami gelar di air terjun Way Tayas ini merupakan sebuah momen istimewa, karena baru pertama kali dilakukan dan melibatkan warga yang sudah berlatih,” terang Syaifulloh, Sabtu (17/8/2019).

Saifulloh juga mengklaim,Upacara pengibaran bendera merah putih di air terjun Way Tayas menjadi simbol menjadi perjuangan, karena merefleksikan beratnya para pejuang dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

"Ini simbol perjuangan, sebelum mencapai lokasi air terjun puluhan peserta harus menempuh perjalanan 3 KM dari jalan utama. Melintasi jalan berbatu, jalan perbukitan yang licin, menjadikan upacara di air terjun Way Tayas terasa cukup istimew," Jelas Saiful

Neida Aisiah, salah satu anggota paduan suara mengatakan, dirinya merasa terharu menggelar upacara di air terjun Way Tayas. Menurutnya proses demi proses itu melambangkan sebuah perjuangan.

"Kegiatan ini saja butuh perjuangan, apalagi perjuangan pahlawan dahulu yang merebut kemerdekaan. Perjuangan menuju ke lokasi air terjun, khidmatnya upacara, akan menjadi momen bersejarah bagi kami," Terang Aisiah.

Sementara Sugeng Hariyono salah satu pegiat literasi yang turut serta ikut dalam acara tersebut memberikan apresiasi yang luar biasa, karna acara seperti itu sangat langka dilakukan

"Selain bisa menikmati kesegaran alami air Gunung Rajabasa, jiwa nasionalisme dan patriotisme ditanamkan saat upacara di air terjun Way Tayas. Jarak tempuh yang melelahkan menjadi kebanggaan bagi,” ungkap sugeng.

Berdasarkan informasi yang didapat kaliandanews, proses pengibaran Bendera Merah Putih berukuran lumayan besar, di tebing yang licin. Warga harus memanjat untuk membentangkan Sang Saka Merah Putih dengan mengandalkan tali tambang untuk memanjat tebing serta pengibaran bendera diiringi lagu Indonesia Raya.

Diketahui Upacara di air terjun Way Tayas sebagai objek wisata, membawa pesan pentingnya menjaga lingkungan, alam agar tetap lestari serta ”Mari terus kita kibarkan setinggi-tingginya di NKRI, sebagai kebanggaan, kehormatan, kejayaan negaraku tercinta Republik Indonesia.

Selain untuk memperingati HUT RI, kegiatan ini juga salah satu untuk mempromosikan memperkenalkan potensi Wisata Air Terjun Way Tayas, agar bisa menjadi salah satu icon pariwisata di lampung selatan. (Rls/nz)