Mahasiswa IBI Dharmajaya Gerakan Program Pengelolaan Sampah di Desa Tengkujuh
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Senin, 09 September 2019

Mahasiswa IBI Dharmajaya Gerakan Program Pengelolaan Sampah di Desa Tengkujuh


RAJABASA, KALIANDANEWS - Karang Taruna Desa Tengkujuh Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan bersama Mahasiswa KKN, Institut Bisnis dan Informatika (IBI) Dharmajaya Bandar Lampung melakukan kegiatan bakti sosial membersihkan saluran dan membersihkan sampah di desa itu, (08/09/19).

Yogi, salah seorang mahasiswa KKN tersebut mengatakan, selain agar menjaga lingkungan tetap bersih, ia dan rekan-rekannya juga ingin memupuk silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat desa itu sendiri.

"Program penanganan dan pengelolaan  sampah rumah tangga. Kegiatan ini sebagi gerakan awal untuk menumbuhkan semangat pemuda karang taruna, dan selanjurnya karang taruna akan mengelola persampahan rumah tangga dengan sistem pengelolaan berbasis masyarakat," kata Yogi.

Selain bersih bersih, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan di desanya.

"Dalam kegiatan tersebut karang taruna juga membuat pola penerapan pemilahan sampah dari  masing-masing rumah tangga dengan penerapan 3R atau raduce, reuse dan recycle," terangnya.

Sementara, Zaini SE selaku salah satu tokoh pemuda setempat mengatakan, kegiatan tersebut sangat disambut baik oleh masyarakat setempat.

"Dan kegiatan ini akan di lanjutkan oleh pemuda karang taruna dengan membentuk kelompok kerja kebersihan dengan sistem pengelolaan sampah," ungkapnya.

Terlihat dalam kegiatan gotong royong itu, masyarakat sangat antusias dan bersemangat membersihkan lingkungan Desa Tengkujuh. (Kur)