Sedekah Ruat Laut di Kunjir, Warga Dapat Perahu
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Kamis, 12 September 2019

Sedekah Ruat Laut di Kunjir, Warga Dapat Perahu


RAJABASA, KALIANDANEWS - Mewakili Plt. Bupari Lampung Selatan Nanang Ermanto, Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Akar Wibowo, SH membuka acara "Sedekah Ruat Laut" Desa Kunjir dan Desa Tejang Pulau Sabesi, Kamis (12/9/2019).

Dalam sambutannya, Akar Wibowo mengucapkan banyak terimakasih kepada rekan-rekan KIARA yang telah melakukan berbagai kegiatan untuk membantu masyarakat pesisir. Ia juga berharap agar acara tersebut  "Ruwat Laut" dapat lebih diarahkan kepada budaya dan tradisi dipadu dengan harapan dan do'a kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Kegiatan ini kiranya dapat dijadikan sebagai media untuk memupuk dan meningkatkan rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan diantara kita semua,"jelas Akar.

Lebih jauh, Akar Wibowo berpesan kepada para nelayan agar dalam penangkapan ikan dilaut tidak menggunakan bom. Sebab, hal itu hanya memberikan keuntungan sesaat, kedepannya akan sangat merugikan, karena dengan melakukan pengeboman akan merusak lingkungan laut serta biota yang ada di dalamnya.

"Saya yakin, nelayan kita yang berada disini tidak melakukan pengebomam dalam menangkap ikan,"kata Akar.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Sekjen KIARA, Susan Herawati, memberikan bantuan perahu nelayan sebanyak 54 unit untuk nelayan Desa Kunjir dan sebanyak 34 unit untuk nelayan Desa Tejang Pulau Sabesi.

Menurutnya, selama menjalani aktivitas kegiatannya di pesisir, ia mendapatkan cerita dari masyarakat pesisir terdampak tsunami akan rasa frustasi ekonomi.

"Mereka para nelayan, hanya bisa menatap laut tanpa bisa mengayuh perahu untuk menjemput rejeki dilaut lantaran perahu yang hancur terhempas gelombang,"ujar Susan.

"Kami tau, bantuan sebanyak 88 unit perahu (delapan puluh delapan) tidak sebanding dengan jumlah perahu yang rusak. Oleh karenanya, kami berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat kepada nelayan agar dapat kembali berlayar menjemput rejeki dari Tuhan di laut,"pungkas Susan.

Acara Ruwat Laut yang diinisiasi Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) berlangsung di Desa Kunjir dan dihadiri oleh Manager Koaliasi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) Susan Herawati, Executive Director Yayasan Plan International Indonesia, Dini Widiastuti, Kadis Perikanan, Meizar Melanesia, Kadis Pariwisata, Rini Ariasih, Kadis Kominfo, M. Sefri Masdian, Camat Rajabasa, Sabtudin, Unsur Uspika Kecamatan serta masyarakat dari Desa Kunjir dan Desa Tejang Pulau Sabesi. (Kmf/nzr)