Ditargetkan Rampung 2020, M. Syarhan: Disain Polres Baru Kita Utamakan juga untuk Kenyamanan Masyarakat
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Selasa, 15 Oktober 2019

Ditargetkan Rampung 2020, M. Syarhan: Disain Polres Baru Kita Utamakan juga untuk Kenyamanan Masyarakat


KALIANDA, KALIANDANEWS - Kepolisian Resort Lampung Selatan terus menggeber pembangunan Polres baru pasca kebakaran yang menghanguskan sebagian Markas Polres Lampung Selatan (Lamsel). Hal itu sampaikan Kapolres Lamsel, AKBP M.Syarhan, saat audiensi bersama Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Lamsel diruang Kapolres, selasa (15/10).

Menurutnya, Polres baru tersebut ditargetkan rampung pada Maret 2020 mendatang. Percepatan pembangunan tersebut tak lain untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat lampung selatan. Apalagi terdapat perubahan-perubahan yang nantinya akan menunjang kenyamanan masyarakat yang berkunjung.

"Nantinya kita akan buatkan Rest Area yang digunakan untuk tempat istirahatnya warga yang berkunjung. Jika sebelumnya Masjid dibelakang, nantinya masjid akan kita tempatkan didepan. Yang jelas disain salah satunya untuk kenyamanan masyarakat," Terang Syarhan.

Selain itu, ada beberapa perubahan dalam desain ruangan. Dimana, sebelumnya ruangan Kapolres menghadap ke jalan. Kini, ruangan tersebut menghadap ke belakang. "Kalau ke belakang kan bisa melihat pemandangan laut. Jadi ada tiga dimensi, bisa melihat ke belakang, ke samping maupun kedepan. Ruangan Kapolres berada di lantai dua," ujarnya.

Gedung yang direncanakan hingga lantai tiga ini, akan diisi berbagai ruangan. Untuk lantai tiga, akan ditempatkan ruangan Wakapolda, Wakapolres, tahanan dan ruangan lain.

Namun, khusus untuk pelayanan, seperti pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), SIM (Surat Izin Mengemudi) maupun bentuk pelayanan lain, Syarhan akan menempatkan di gedung Polres Lama.

"Nanti kita pisahkan. Gedung Polres lama itu kan masih menjadi aset Polri. Jadi, nanti kalau mau buat SKCK dan tes pembuatan SIM, tidak berada di Polres yang baru. Melainkan berada di Polres Lama," jelasnya.

Upaya menjalin kemitraan bersama Jurnalis, sambung Syarhan, pihaknya sudah membuat ruangan baru khusus Jurnalis yang ada dilingkungan Polres Lamsel. "Nanti di Polres yang baru itu juga ada ruangan Jurnalis," katanya.

Sementara, Ketua SMSI Lamsel, Vivo Trialito menyambut baik upaya Polres Lamsel dalam menjalin kemitraan dengan Jurnalis di Lamsel. Menurutnya, sebuah informasi sangat penting bagi Jurnalis untuk menyampaikan fakta apa yang terjadi kepada masyarakat.

"Ini sangat bagus, karena masyarakat butuh informasi yang terjadi di wilayah hukum Polres Lamsel. Kami sangat mendukung adanya ruang Jurnalis itu," pungkasnya.

Selain itu, Vivo juga mengatakan akan menggalang berbagai program yang bekerjasama dengan Polres Lamsel, guna bersama-sama membangun lampung selatan. "Kedepan kita akan libatkan polres dalam menggelar bebagai program, yang jelas tujuannya untuk kepentingan bersama, terlebih untuk lampung selatan," Pungkas Vivo. (yud/nzr)