Nanang Minta Disparbud Agendakan Haul Raden Intan II Setiap Tahun
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan



Header Menu

Minggu, 13 Oktober 2019

Nanang Minta Disparbud Agendakan Haul Raden Intan II Setiap Tahun


PENENGAHAN, KALIANDANEWS - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, Hi. Nanang Ermanto, meminta secara khusus Dinas Pariwisata dan Kebudayaan lampung selatan untuk mengagendakan kegiatan acara Haul Pahlawan Nasional Radin Inten II setiap tahun.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara "Sejuta Dzikir“ dalam rangka Haul Pahlawan Nasional Radin Inten II ke-163 Tahun 2019, di komplek Taman Makam Pahlawan Radin Inten II Desa Gedung Harta, Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (13/10/2019).

"Mari kita sama-sama mendo'akan Pahlawan Nasional Radin Intan II. Saya juga meminta kepada Dinas Pariwisata Lampung Selatan, agar acara ini tidak hanya sebatas seremonial, tapi juga diagendakan agar kegiatan ini dijadikan sebagai agenda tahunan dengan melibatkan keluarga besar Radin Inten II," Harap Nanang.

Mantan Anggota DPRD 2 Periode itu juga mengatakan, betapa beratnya perjuangan yang dilakukan oleh Radin Inten II dalam menentang penjajahan Belanda. Di usia yang relatif muda (16 tahun) Radin Inten II memimpin pasukannya dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Untuk itu, mari seluruh elemen masyarakat bersama bergotong-royong, untuk menjaga dan melestarikan warisan ini, sebagai salah satu ikon lamsel. Sebagai generasi penerus, kita punya kewajiban untuk mengisi kemerdekaan. Kita tidak berjuang untuk merebut kemerdekaan, tapi kita punya kewajiban untuk mengisi kemerdekaan," Ujar Nanang.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Keluarga Besar Alm.Radin Inten II, Fokorpimda, Penyeimbang Adat, tokoh masyarakat, para Kepala OPD, juga ribuan masyarakat yang memenuhi area Komplek Taman Makam Pahlawan yang terletak di Desa Gedung Harta, Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Sebelum acara dimulai, banyak terlihat masyarakat yang memanfaatkan waktunya untuk melihat seputaran area Makam Pahlawan yang terlihat asri, juga tak ketinggalan melihat "Benteng Cempaka" yang terletak di area Taman Makam Pahlawan sekaligus ziarah ke Makam Pahlawan Radin Inten II. (Nz)