Terkait Serapan Anggaran, Firdaus KH: Kita Tak Boleh Saling Menyalahkan
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Kamis, 17 Oktober 2019

Terkait Serapan Anggaran, Firdaus KH: Kita Tak Boleh Saling Menyalahkan



KALIANDA, KALIANDANEWS - Ketua Umum Ormas Arah Baru Lampung Selatan Firdaus KH memberikan tanggapan terkait serapan anggaran Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Tahun Anggaran 2019 yang saat ini dinilai belum mencapai hasil yang maksimal.

Menurut Firdaus KH mengatakan, perlu adanya pihak Eksekutif dan Legeslatif untuk duduk bersama, guna menghasilkan solusi, dalam penyerapan anggaran yang ada, agar tidak terjadi Silpa seperti tahun sebelumnya.

"Untuk saat ini belum bisa disebut Silpa, karena masih tahun berjalan. Masih ada waktu, beberapa bulan untuk melalukan penyerapan anggaran secara utuh. Saya rasa kita tak perlu saling menyalahkan, mungkin pihak eksekutif dan legeslatif bisa duduk bersama untuk menghasilkan solusi agar tidak terjadi Silpa seperti tahun 2018 lalu," Terang Firdaus.

Lebih jauh Firdaus menjelaskan, penyerapan anggaran disuatu Instansi atau Dinas sebenarnya merupakan cerminan capaian kinerja dari instansi itu sendiri. Namun, semua itu tidak terlepas dari peran fungsi DRPD setempat sebagi pengawas anggaran. Bersama pimpinan eksekutif semestinya dapat melakukan penekanan terhadap penyerapan anggaran yang ada disetiap Dinas ataupun instansi yang ada.

"Jika Kepala Daerah dan DPRD dapat berkerjasama, saya yakin serapan anggaran dapat berjalan optimal, sehingga akhir tahun nanti tidak ada anggaran menjadi Silpa, dan tentunya hal itu juga harus didukung dengan kinerja dinas atau instansi secara profesional," Jelasnya.

"Jangan hanya bisa bicara silpa, anggaran Lamsel hanya terserap 52 persen. Lah, kemarin-kemarin pada kemana dewan-dewan itu, dari semua tingkatan, Dinas hingga kecamatan juga harus dapat memberikan hasil kinerja positif,  jangan dijadikan keluhan, duduk bersama hasilkan solusi," Pungkasnya. (nz)