Lantik 4 Kades, Nanang Naik "Bukhung Garuda"
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Senin, 25 November 2019

Lantik 4 Kades, Nanang Naik "Bukhung Garuda"


SIDOMULYO, KALIANDANEWS – Plt. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto di Arak
secara sakral berbalut nuansa adat Lampung Pubian dengan menaiki "Bukhung Garuda".

Arak- arakan tersebut dilaksanakan saat akan melantik 4 Kades hasil Pilkades serentak gelombang III Kecamatan Sidomulyo dan Katibung di Lapangan Desa Kota Dalam, Kecamatan Sidomulyo, Senin (25/11/2019).

“Itu (Bukhung Garuda) kendaraan yang dipakai raja-raja zaman dahulu. Kalau sekarang kita gunakan sebagai penghormatan untuk para petinggi,” Kata Hasbuna, salah satu tokoh adat Kota Dalam.

Bahkan, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Winarni yang hadir dalam acara itu pun dihias bak seorang raja dan ratu l mengenakan pakaian adat Lampung Pubian lengkap dengan asesorisnya.

Menurutnya, selain sebagai bentuk penghargaan, arak-arakan adat menggunakan Bukhung Garuda itu sebagai bentuk pelestarian adat dan budaya yang ada di Lampung, khususnya Desa Kota Dalam, Kecamatan Sidomulyo.

“Masyarakat Desa Kota Dalam ini masih kental dengan adat dan budaya Lampung. Bahkan kegiatan tujuh belas Agustus pun kami menggunakan acara khas adat,” Tambahnya.

Sementara itu, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sebagai tokoh utama dalam acara itu mengaku sangat bangga dengan keberagaman adat dan budaya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Dirinya bahkan terharu karena diarak mengunakan kendaraan untuk para raja pada masanya. “Saya sangat terharu, selama jadi Plt Bupati sudah tiga kali saya diarak naik seperti ini. Inilah adat budaya yang harus terus kita lestarikan,” kata Nanang.

Sementara, hadir dalam pelantikan empat Kades tersebut, sejumlah anggota DPRD Lampung Selatan, Ketua MPAL Kabupaten Lampung Selatan, pejabat Pemkab Lampung Selatan, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, serta tokoh masyarakat setempat. (az/nz)