Patroli Subuh Ala Kapolres Lamsel Momen Ibadah dan Diskusi Bareng Masyarakat
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan



Header Menu

Jumat, 20 Desember 2019

Patroli Subuh Ala Kapolres Lamsel Momen Ibadah dan Diskusi Bareng Masyarakat


KALIANDA, KALIANDANEWS - Kapolres Lampung Selatan AKBP Edi Purnomo sepertinya memiliki cara tersendiri untuk melakukan pendekatan terhadap masyarakat. Ya, cara itu dikemasnya dalam Program Patroli Subuh, yang beberapa minggu belakangan ini sudah dilakukan dibeberapa Desa, Kecamatan di Bumi Khagom Mufakat ini.

Usut punya usut, Mantan Kapolres Mesuji yang baru menjabat Kapolres Lampung Selatan sejak (29/11/2019) lalu ini menjelaskan, ikhwal mula program ini dijalankan lantaran kebiasaannya sebagai bikers subuhan yang terbentuk sejak 2015 lalu. Ia mengatakan, saat itu sebelum sholat subuh, dirinya bersama rekan-rekan kerap berkumpul atau kongkow hingga subuh.

"Sebelum subuhan itu kita nongkrong dulu sampai jam 3 dan jam 4 baru kita ke masjid. Nah kemudian saat saya menjadi kapolres mesuji, yang notabennya disebut rawan konflik, saya berfikir apa yang harus saya lakukan. Lalu, Allah beri saya petunjuk kenapa saya tidak subuhan saja? Jadi, sebelum subuh saya cek pos-pos ronda. Alhamdulillah dari 105 Desa, kurang lebih 100 Desa saya kunjungi, malah ada yang minta dua kali," Terang Edi

Edi juga mengungkapkan usai melakukan patroli, dirinya bersama jajaran melaksanakan ibadah sholat subuh di masjid Desa yang dikunjungi bersama Kepala Desa dan Masyarakat. Kemudian seusai sholat subuh Lanjut Edi, dirinya tak semerta merta meninggalkan lokasi. Namun hal itu digunakannya sebagai momen untuk menyerap aspirasi masyarakat secara langsung.

"Nah sehabis sholat, kita ada yang namanya "NGOPI MAS" (ngobrol perkara iman dan kamtibmas). Ini merupakan momen dimana kita bisa mendengar keluhan dan pengaduan masyarakat terkait hal-hal yang berhubungan dengan keamanan dan lainnya. Ada Masyarakat bertanya meminta arahan dan kita melakukan bimbingan. Kemudian setelah itu ada yang namanya "SABAR" (Sarapan Bareng) bersama masyarakat dan tokoh sekitar Desa dan kemudian "BBM" (Bersih-Bersih Masjid)," Ungkap Edi.

Lebih jauh Edi menyampaikan, menurutnya cara patroli seperti ini lebih efektif. Sebab dengan begitu masyarakat merasa aman dan nyaman karena ada polisi yang selalu hadir selama 1×24 Jam. Hal inilah yang akan mengantisipasi terjadinya konflik, karena setiap konflik pasti ada sebabnya. Apalgi jika hal ini rutin dilakukan.

"Kenapa saya begitu? Dengan ronda dan patroli dilakukan secara konsisten, secara tidak langsung masyarakat ikut menjaga kamtibmas. Misalnya, ada curanmor atau kriminal, mereka bisa mengadu langsung kepada kita dan semakin kita banyak berjumpa dengan masyarakat secara langsung, kita jadi tahu apa yang diinginkan oleh masyarakat. Sehingga masyarakat merasa aman," Pungkas Edi saat makan malam bersama para jurnalis di RM. Siang Malam (19/12/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun kaliandanews, sejak menjabat sebagai Kapolres Lampung Selatan, Edi beserta jajarannya sudah memulai patroli subuh dibeberapa desa, yakni Desa Sumur Kumbang Kecamatan Kalianda, Desa Klaten Kecamatan Penengahan, dan Besok (21/12/2019) akan dilaksanakan di Desa Bangunan Kecamatan Palas dan seterusnya akan dilaksanakan di sleuruh pelosok desa yang ada di Lampung Selatan. (Nz)