Tangkal Narkoba, BNNK Lampung Selatan Fokus pada Upaya Pencegahan
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan




Header Menu

Jumat, 27 Desember 2019

Tangkal Narkoba, BNNK Lampung Selatan Fokus pada Upaya Pencegahan

Redaksi


Kaliandanews.com - Bangsa ini tengah dihadapkan pada situasi darurat narkoba sehingga diperlukan upaya serius untuk mengatasinya. Dalam upaya pencegahan BNN Lampung Selatan sepanjang 2019 telah melakukan kegiatan P4GN (Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) bersama instansi terkait.

“Selama 2019 BNN Lampung Selatan fokus dalam upaya pencegahan (sosialisasi bahaya narkoba) kepada sasaran, baik pemerintah, swasta, masyarakat dan dunia pendidikan” Ujar Kasubbag Umum BNNK Lamsel I Wayan Suartha Antara mewakili Kepala BNNK Lampung Selatan Ikhlas,S.P,M.H ,Jum’at (27/12/2019).

Lebih lanjut, Wayan mengatakan bahwa dengan gencarnya sosialisasi bahaya narkoba yang dilakukan BNN dan instansi terkait  diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda akan bahaya narkoba.

Tidak hanya melakukan sosialisasi bahaya narkoba, Menurut Wayan, BNNK Lampung Selatan juga menerima Rehabilitasi rawat jalan bagi mereka (Pecandu-red) yang ingin terlepas dari ketergantungan narkoba di Klinik Pratama BNNK Lampung Selatan.

“Selama 2019, dari target 15 orang yang ditetapkan, BNNK Lampung Selatan telah berhasil memenuhi target tersebut. Mudah-mudahan di tahun 2020 kesadaran masyarakat dapat lebih meningkat  lagi. Kami menghimbau bagai masyarakat yang keluarga, saudara dan tetangganya pengguna narkoba agar dapat menolong mereka untuk lepas dari ketergantungan narkoba dengan mengajak mereka ikut program rehabilitasi, syukur-syukur atas kesadaran pencandu sendiri untuk datang ke BNNK dan itu gratis” pungkas Wayan.

Ditempat yang sama, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Sumarman, SE,MM menjabarkan bahwa, selama kurun 2019, Seksi P2M telah melakukan desiminasi informasi baik berupa talkshow, kampanye stop narkoba, insert konten, pemasangan baleho, Radio, Media cetak dan online.

“ Diharapkan kegiatan tersebut semakin banyak masyarakat yang terpapar informasi P4GN, tahun 2019 kami mendapat target masyarakat Lampung Selatan yang terpapar informasi P4GN sebanyak 7% dari total penduduk Lampung Selatan usia produktif, dan Alhamdulillah kami dapat melampuinya dikisaran 7,9%” Ujar Sumarman.


Selain kegiatan Diseminasi Informasi P4GN, lanjut Sumarman, Seksi P2M melaksanakan kegiatan berupa Advokasi Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba dan Pemberdayaan Masyarakat yang menyasar Instansi Pemerintah, Swasta, Ormas serta dunia pendidikan, yang bertujuan untuk membangunan kemandirian lembaga tersebut untuk aktif melakukan kegiatan P4GN dilingkungan masing-masing.

“ Trend kemandirian lembaga untuk melakukan kegiatan P4GN secara mandiri dari tahun ke tahun semakin meningkat, ini bisa dilihat dari kegiatan-kegiatan non-DIPA, mereka mengundang kami untuk menjadi narasumber, yang terbanyak dari sekolah-sekolah disusul oleh instansi permerintah, swasta dan ormas. Kedepannya kami akan dorong desa dapat lebih berperan aktif juga dalam kegiatan P4GN, adakan sosialisasi di desa,  BNNK Lampung Selatan siap jadi mitra” pungkas Sumarman. (red).