Nanang Ermanto Sapa Warga Palas dengan Gotong Royong dan Tanam Bibit Pohon
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Jumat, 31 Januari 2020

Nanang Ermanto Sapa Warga Palas dengan Gotong Royong dan Tanam Bibit Pohon


PALAS, KALIANDANEWS - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto lakukan Gotong Royong serta penanaman Bibit Pohon Medang dan Bibit Pohon Sonokeling di Empat Lokasi berbeda di kecamatan Palas Lamsel, Jumat (31/01/2020).

Bibit Pohon Medang di Tanam di pinggiran saluran pembuangan Kali Premier, Dusun Pematang Buluh, Desa Bali Agung, lalu di Desa Mekar Mulya, dan Halaman PAUD KB Cahya Pertiwi, Desa Rejomulyo. Sementara Bibit pohon sonokeling di Desa Kalirejo.

Dalam kesempatan itu, Nanang mengajak masyarakat untuk menggalakkan budaya gotong royong. Dia pun meminta Uspika dan masyarakat setempat memperhatikan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Terima kasih Pak Danramil dan Pak Kapolsek atas partisipasinya dalam kegiatan gotong royong ini. Minta tolong digerakkan juga masyarakatnya. Bukan hanya untuk kali ini saja. Tanamkan kebersamaan dan gotong royong,” kata Nanang.

Ia juga meminta camat palas Rika Wati beserta aparatur dan Kepala Desa se-Kecamatan Palas, agar memperhatikan kebersihan drainase. Sebab menurutnya, selain karena intensitas hujan yang tinggi, penyebab banjir juga karena drainase yang buruk.

“Pak Kades bantu camatnya. Kali juga dinormalisasi. Jika sudah dangkal, masyarakat bergotong royong, jangan menunggu banjir baru gotong royong. Kita kan ada alat berat untuk mengeruk kali yang dangkal,” tandasnya.

Diketahui, dusun Pematang Buluh merupakan daerah yang rawan banjir apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Hal ini disebabkan meluapnya saluran pembuangan Kali Premier.

Akibatnya, lahan pertanian yang berada disekitarnya ikut terendam. Demi menanggulangi hal tersebut, masyarakat bersama aparat TNI dari Koramil Palas bergotong royong membangun tanggul serta selokan. Penghijauan pun dilakukan untuk mecegah banjir.

Selain penanaman pohon dan gotong royong, kegiatan Jumat Bersih juga disertai dengan pelayanan kesehatan, pelayanan kependudukan dan catatan sipil, pelayanan pajak bumi bangunan (PBB), serta makan bersama dari dapur umum Dinas Sosial. (Kmf/nz)