Pemkab Lamsel Kucurkan 26 Miliar untuk Kecamatan Tanjung Bintang
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Senin, 03 Februari 2020

Pemkab Lamsel Kucurkan 26 Miliar untuk Kecamatan Tanjung Bintang



TANJUNG BINTANG, KALIANDANEWS – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto memimpin langsung kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2020, Senin (3/2/2020).

Musrenbang tingkat kecamatan perdana dilaksanakan di Kecamatan Tanjung Bintang. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Karya Bakti Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang.

Selain Plt Bupati, kegitan Musrenbang tersebut dihadiri Plt Ketua PKK Hj. Winarni, anggota DPRD daerah pemilihan (dapil) VI, Penjabat Sekretaris Daerah Thamrin beserta para pejabat utama dan Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan.

Berdasarkan data yang dihimpun tim ini, Pemkab Lampung Selatan mengucurkan anggaran pembangunan untuk Kecamatan Tanjung Bintang sebesar Rp.26.720.290.200.

Dana yang bersumber dari APBD Kabupaten Lampung Selatan dan APBN itu masih diprioritaskan dibidang infrastuktur dan pendidikan. Selebihnya tersebar dibidang kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan bidang lainnya.

Seperti peningkatan kapasitas struktur ruas Jalan Lematang – Batas Kota Bandar Lampung senilai Rp.5,88 miliar, peningkatan ruas Jalan Sukanegara – Merbau senilai Rp.2,7 miliar, dan peningkatan ruas Jalan Jati Indah – Purwodadi senilai Rp.1,68 miliar.

Kemudian, dibidang pendidikan seperti, pembangunan ruang kelas baru (RKB) beserta perabotnya di SDN 3 Serdang senilai Rp.306 juta, rehabilitasi ruang kelas beserta perabotnya di SMPN 2 Tanjung Bintang senilai Rp.409 juta.

Plt Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto yang membuka secara resmi kegaiatan itu berharap, pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan tidak hanya dijadikan sebagai tahapan didalam proses perencanaan semata.

Ia menekankan, pelaksanaan Musrenbang tersebut dijadikan satu-satunya forum tertinggi dalam menjaring aspirasi masyarakat. Sehingga apa yang dihasilkan merupakan kumpulan kegiatan yang akan menjadi acuan dalam penyusunan program pembangunan tahun 2021.

“Saya berharap, seluruh masyarakat dapat mendukung pemerintah melaksanakan pembangunan. Sehingga tercipta percepatan pencapaian misi Kabupaten Lampung Selatan yang sejahtera, berdaya saing, mandiri dan berakhlak mulia,” kata Nanang.

Berbicara pembangunan, Nanang melanjutkan, tentu tidak terlepas dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang setiap tahun dianggarkan.

Dia menyebut, APBD Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2020 mencapai Rp. 2,46 triliun naik sebesar 4,38 persen dari tahun 2019. Sehingga hal itu berpengaruh terhadap meningkatnya dana operasional untuk Kecamatan Tanjung Bintang sebesar Rp.1,3 miliar.

“Kita juga patut bersyukur dengan adanya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada setiap desa. Karena sangat membantu masyarakat untuk mewujudkan cita-cita pembangunan yang ada di desa,” katanya.

Sementara itu, dalam kegiatan Musrenbang tersebut juga disertai dengan pembagian 724 sertifikat PTSL, sertifikat hak pakai 29 bidang tanah aset Pemkab Lampung Selatan untuk kepentingan masyarakat desa di Kecamatan Tanjung Bintang.

Selain itu ada juga kegiatan pasar murah, pelayanan perizinan, pelayanan PBB-P2, pelayanan kependudukan dan capil, pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, dan pelayanab KB. (kmf/nz)