(Opini) Peluang Bisnis Di Era Revolusi Industri 4.0
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Senin, 18 Mei 2020

(Opini) Peluang Bisnis Di Era Revolusi Industri 4.0


Oleh: Cindy Alristiani
Npm : 1851030223
Prodi/kelas : Akuntansi Syariah/F
Dosen Pengampu : Dr. Muhammad Iqbal Fasa,M.E.I
Institusi : Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung


      Istilah Revolusi Industri 4.0 saat ini  pasti sudah tidak asing lagi. Revolusi Industri 4.0 ini adalah suatu konsep otomatis yang menggunakan teknologi tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Revolusi Industri 4.0 ini adalah sebuah perubahan yang telah memasuki era baru. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat,telah melahirkan informasi dan teknologi yang canggih yang sudah terhubung dengan internet. Selain itu,majunya ilmu teknologi membuat industry kreatif untuk berkembang.

Di era yang serba digital ini banyak peluang bisnis untuk kita maju dan menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif. Salah satu peluang bisnis di era ini adalah jual-beli online. Jual-beli online adalah salah satu teknik pemasaran. Jual-beli online ini adalah salah satu ajang untuk menyampaikan ide yang kreatif dan mempromosikan barang  kepada konsumen dengan hal-hal yang menarik. Teknologi yang semakin mudah diakses dan dapat menghubungkan ke seluruh pelosok supaya semua orang dapat terhubung ke jejaring lokal.

Dengan majunya teknologi ini,masyarakat tidak perlu repot-repot untuk pergi berbelanja kepasar atau super market. Karena sekarang hampir semua orang melakukan transaksi jual-beli online baik melalui social media seperti Instagram,facebook dan market place seperti lazada,shopee. Banyak orang memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan keuntungan di berbagai hal.

Belanja online ini salah satu cara yang praktis untuk membeli barang yang di inginkan. Karena maraknya jual-beli online penjual cukup mempromosikan barang-barang dagangan nya dengan ide yang menarik. Selain itu pembeli pun dapat leluasa memilih barang yang di inginkan lalu melakukan proses pembayaran. Proses pembayarannya pun sangat praktis tanpa harus mengantri seperti di supermarket. Pembayarannya  yaitu melalui ATM atau mini market seperti indomart atau alfamart. Jual-beli online juga menerapkan sistem COD atau sering disebut bertemu langsung antara penjual dan pembeli. Tetapi rata-rata menerapkan sistem pengiriman online atau disebut sistem kurir.

Toko online ini memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen. Jual-beli online ini dianggap sebagai inovasi baru didunia perbisnisan. Penjualan online dianggap mudah karena melakukannya dapat dilakukaan saat waktu santai dan dilakukan sesuai prosedur. Dengan berkembang pesatnya teknologi ini memberikan manfaat untuk penjual salah satunya penjual tidak perlu repot-repot untuk menyewa sebuah ruko. Selain itu juga,bisnis ini bisa disambil dengan pekerjaan lain dan dapat dengan mudah mempromosikan barang daganannya.

Namun,untuk pembeli memberikan manfaat untuk akses pemilihan produk yang besar sesuai dengan selera,tidak perlu membuang waktu dan biaya untuk pergi ke tempat perbelanjaan, online shopping juga nyaman, belanja yang praktis baik dari sistem pemilihan barang,maupun pembayaran. dan pembeli tinggal memilih barang yang tersedia di market place sesuai dengan barang yang diinginkan.

Tetapi disisi lain banyak kendala dalam jual-beli online baik dari produk yang tidak sesuai dengan gambar,keterlambatan dalam pengiriman barang,pelayanan yang kurang menyenangkan dan ada risiko penipuan yang biasanya dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu sebagai konsumen pintar-pintarlah dalam belanja online. Sebagai seorang konsumen harus mengetahui detail produk apa yang dijual dan lihat testimoni-testimoni dari pembeli lainnya. Biasanya toko online resmi menyediakan website tersendiri untuk memudahkan para konsumenya.

Selain itu,revolusi industry 4.0 ini mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkuat kemandirian ekonomi bangsa. Sehingga dapat memperkuat orientasi kewirausahaan guna mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat secara merata. Salah satu kemandirian umat bangsa,terlihat pada Go-jek yang memberikan dampak positif dalam perekonomian Indonesia.

Go-jek memberikan dampak social dan ekonomi secara langsung maupun tifak langsung . Go-jek memberikan dampak pada bidang perekonomian nasional  dan masyarakat,mitra pengemudi,UMKM dan pihak konsumen.Manfaat Go-jek dapat dirasakan oleh mitra pengemudi. Hal ini dikarenakan dapat mengurangi pengangguran yang dapat memperluas kesempatan kerja, dapat meningkatkan serta dapat mensejahterakan hidup keluarga.

Go-jek membuka akses pasar untuk mendoong penggunaan teknologi,sehingga dapat meningkatkan usaha. Selain dapat memberikan manfaat bagi konsumen,Go-jek juga membuat masyarakat mendapat layanan transportasi dengan harga yang terjangkau.Jadi di era revolusi industry 4.0 ini banyak peluang bisnis untuk siapapun  yang ingin mengembangkan potensinya dan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas . Yang terpenting adalah kemauan dari dalam diri untuk memulai suatu bisnis.