Bangun Infrastruktur Hingga Lomba Jurnalistik, TMMD Kodim 0421 Sasar Desa Hatta dan Kelawi
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Sabtu, 13 Juni 2020

Bangun Infrastruktur Hingga Lomba Jurnalistik, TMMD Kodim 0421 Sasar Desa Hatta dan Kelawi


KALIANDA, KALIANDANEWS - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu program wujud Operasi Bhakti TNI, yang terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Kali ini, TMMD menghampiri Gerbang Sumatera yakni lampung selatan, yang akan dikomandoi langsung oleh Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Kav. Robinson Oktovianus Bissei. Ia mengatakan, TMMD Ke-108 Tahun ini akan dilaksanakan di Desa Hatta dan Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni dengan membangun Jalan, Sejumlah Jembatan dan beberapa Gorong-Gorong.

"Tahun ini kita mendapat Amanah melalui TMMD yang akan di laksanakan di Desa Hatta dan Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni. Nantinya, dalam kegiatan TMMD ini akan dibangunkan jalan sepanjang 1.100M dengan Lebar 4 Meter, 2 Jembatan dengan P 5M x L 4M dan 4 Gorong-Gorong dengan P 2M x L 4M, T 0,8M," Jelas Robinnson. Jumat (12/06/2020) di Ruang Data (Aula) Kodim.

Selain pembangunan sarana Fisik, TMMD juga menyasar pada pembangunan non Fisik, yang dikemas dalam berbagai macam penyuluhan untuk kepentingan masyarakat di daerah sasaran, dengan menggunakan bottom up planning system yang dilaksanakan secara komprehenif dan integral, karena melibatkan semua unsur yang terkait mulai dari tingkat Desa dan Kelurahan serta pemerintah daerah.

"Selain Fisik, kita juga ada bangunan Non Fisik berupa Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Peningkatan Hasil Pertanian, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Siskamling, Kesehatan Lingkungan, Penyuluhan Bahaya Covid-19, dan lain-lain melalui penyuluhanatau kegiatan lainnya yang sifatnya memberikan pencerahan dan penguatan jatidiri bangsa," Tambahnya.


Dilain sisi, Kodim 0421/LS juga melakukan pertemuan bersama Media Cetak, online dan Elektronik Wilayah Kab.Lamsel  melakukan Pembahasan Persiapan Lomba Karya Jurnalistik Dalam Rangka TMMD ke -108  kodim 0421/LS. Ia menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan selama  jalannya  kegiatan TMMD Ke-108 yang langsung akan dinilai dari  Markas Besar TNI  AD dengan Dinas Penerangan sebagai Penilai  Lomba karya Jurnalisitik Tersebut.

"Kritera Penilaian  lomba untuk  Wartawan Koresponden TV Perorangan/Tim. Hasil Karya Jurnalistik dari pembukaan sampai penutupan TMMD akan dinilai dan harus kirim melalui medol Via Email dan Tidak di perbolehkan Publikasi Mengunakan Website instansi atau Pemerintahan (TNI, Polri, Pemda) Twitter, Instagram dan Youtobe tidak akan  dinila oleh Panitia lomba. Media Online yang di gunakan juga harus terverifikasi di dewan Pers. Apabila nanti ada kecurangan selama Lomba Panitia akan berhak mendiskualifikasi peserta Lomba tersebut," Pungkas Dandim Energik ini.

Hadir Dalam kesempatan teraebut Pasi Intel Kodim 0421 Kapten Inf Paino dan 17 wartawan dari media cetak/elektronik/online di Lampung Selatan. (Nz)