Bupati Nanang Serahkan Bantuan Excavator Kepada Pokdakan Kecamatan Palas Dari DJPB-KKP RI
-->
Kategori Berita
POLLING PILKADA LAMPUNG SELATAN 2020
NANANG ERMANTO
HIPNI
TONY EKA CHANDRA
BELUM ADA PILIH

Header Menu

Jumat, 28 Agustus 2020

Bupati Nanang Serahkan Bantuan Excavator Kepada Pokdakan Kecamatan Palas Dari DJPB-KKP RI

PALAS, KALIANDANEWS – Kelompok Pembudi Daya Ikan (Pokdakan) Kecamatan Palas peroleh bantuan alat berat berupa 1 Unit Excavator senilai 1,3 Milyar dan 2 Unit Mesin Pakan Ikan dari Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (DJPB-KKP) Republik Indonesia (RI).

Bantuan alat berat tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto kepada Sukiman, Perwakilan Kelompok Pokdakan Kecamatan Palas dilokasi acara serah terima bantuan desa sukaraja kecamatan palas, Jum’at (28/8/2020).
Turut hadir pada acara ceremonial serah terima bantuan tersebut, Kadis Perikanan, Meizar Melanesia, Camat Palas, Rika Wati, Para Kepala OPD terkait lainnya dan Para Kepala Desa Se-Kecamatan Palas.
Dalam Sambutannya, Bupati Nanang mengatakan agar alat berat yang telah diberikan untuk dijaga dan dirawat dengan baik. Ia juga berpesan agar ketua kelompok dapat berlaku adil untuk kesejahteraan anggota kelompoknya.
“Mudah-mudahan alat ini bisa bermanfaat dan berguna untuk saudara-saudara sekalian. Saya pesen agar alat ini dijaga, kalo habis dipakai disemprot, dicuci jangan tanahnya sampai menggumpal. Harus beli alat steam, jadi begitu dipakai harus dibersihkan dirawat,” Ujarnya.
“Saya juga berpesan ketua kelompok harus adil. Jangan sampai mentang-mentang ketua kelompok terus menguasai, jangan. Bantuan ini untuk kesejahteraan anggota kelompok, yang penting kebersamaan dan gotong-royong. Mudah-mudahan bermanfaat,” Pungkasnya.
Dalam kesempatan itu pula Bupati Nanang menekankan dalam sambutannya kepada seluruh pokdakan kecamatan palas agar alat berat bantuan tersebut tidak disewa-sewakan kepada pihak lain yang bukan untuk kepentingan kelompok.
“Saya gak mau dengar nanti kalo ada laporan-laporan alat bantuan ini disewa-sewakan, itu gak boleh. Tapi kalo ada keadaan darurat, pemerintah daerah minjem untuk kepentingan masyarakat banyak. Ya gak apa-apa,” Tandasnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Koperasi Mina Palas Sejahtera, Sukiman menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan dan akan memanfaatkan alat bantuan tersebut untuk kepentingan seluruh kelompok pokdakan palas.
“Terima kasih atas dukungan penuh dan perhatian pak bupati terhadap pembudi daya ikan air tawar di kecamatan palas, kami akan menjaga amanah yang diberikan kepada kami,” Ujarnya.
“Pembudidaya ikan kami saat ini belum memiliki sarana pendukung untuk memenuhi kebutuhan budidaya, seperti membuat jalan produksi dan merehab saluran air. Untuk itu bantuan alat excavator ini merupakan solusi atas permasalahan kami dalam mengembangkan usaha perikanan ini,” Jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan, Meizar Melanesia menyampaikan bahwasannya tujuan pemberian bantuan tersebut dimaksudkan untuk pengembangan ikan air tawar disentra produksi kecamatan palas.
“Tujuan pemberian bantuan ini untuk pengembangan budi daya ikan air tawar di sentra produksi kecamatan palas. Dengan harapan, dengan adanya excavator ini dapat membantu dalam pengembangan usaha, memperlancar usaha budidaya, juga dapat meningkatkan produksi dan pendapatan masyarakat,” Ujarnya.
“Saya juga berharap, dengan adanya bantuan ini masyarakat dapat menjaga dan memanfaatkannya dengan baik, sehingga bantuan dan dukungan melalui pemerintah daerah berhasil guna,” Pungkasnya.
Selain bantuan alat berat, pemerintah daerah memberikan bantuan berupa 1 paket bangunan budidaya ikan lele di Desa Palas Bangunan, 40 Ribu Ekor Benih Patin, 2600 Kg Bahan Baku Tepung ikan, 30 Ekor Induk Lele, 400 Ekor Induk Nila dan 20 Ekor Induk Gurame