Melalui Vicon, Gubernur Lampung Sosialisasikan Program KPB Untuk Kesejahteraan Petani
-->
Kategori Berita

Header Menu

Rabu, 27 Januari 2021

Melalui Vicon, Gubernur Lampung Sosialisasikan Program KPB Untuk Kesejahteraan Petani

 



KALIANDA, KALIANDANEWS – Staf Ahli bupati Bidang Ekonomi Pembangunan, Burhanuddin Mengikuti Acara Dialog Virtual dalam rangka sosialisasi Kartu Petani Berjaya “Gubernur Menyapa” Melalui Zoom Metting di Aula Rajabasa Sekdakab Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (27/1/2021).

Tidak hanya Staf Ahli Saja, Namun kepala OPD dari beberapa instansi terkait juga mengikuti zoom Metting tersebut diantaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rohardian, Kepala Dinas Perternakan drh.Arsyad, Kadis Ketahan Pangan, Yansen Mulia serta Perwakilan dari dinas Tanaman Pagan dan Holtikultura Lampung Selatan.

Zoom Metting yang di ikuti oleh 600 orang perserta dari kabupaten/kota Se-Provinsi Lampung tersebut, membahas tentang Program Kartu Petani Berjaya yang di gagas oleh gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dalam bentuk aplikasi yang dapat langsung diunduh melalui aplikasi playstore di Android.

Perlu di ketahui, Program Kartu Petani Berjaya adalah suatu program, yang terhubung semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama.

“Kita punya komuditi yang menasional, rata-rata 10 besar nasional akan tetapi memerlukan tata kelola yang baik” ujarnya.

Arinal juga menjelaskan pelaksanaan program KPB memiliki peran yang menghubungkan berbagai kepentingan di bidang pertanian seperti suplayer, distributor, perbankan, petani, pembeli serta pemerintah provinsi.

“Bukan hanya pupuk saja, dengan akun KPB juga dapat melakukan transaksi dengan perbankan untuk tambahan modal pertanian,” jelasnya.

Sementara, untuk diketahui saat ini Lampung Selatan telah memiliki sebanyak 3.300 akun PKB yang diikuti oleh para petani di 21 Desa se-Kecamatan Palas. (nz/kmf)