Wakil Bupati Lamsel Anjau Silaw Ke Marga Dantaran
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Rabu, 10 Maret 2021

Wakil Bupati Lamsel Anjau Silaw Ke Marga Dantaran

 


PENENGAHAN, KALIANDANEWS - Wakil Bupati Lampung Selatan, Pandu Kesuma Dewangsa, S.IIP Hadiri Acara Anjau Silaw (Silaturahmi) Marga Dantaran di Dusun Kenyayan Desa Bakauheni Kecamatan Bakuheni, Lampung Selatan (Lamsel). Rabu (10/3/2021).

Anjau Silau merupakan kegiatan rutin Adat Saibatin Marga Dantaran yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi demi mempererat hubungan kekeluargaan yang dimana saat ini Marga Dantaran tersebar di 4 Kecamatan di Lamsel yakni, Kecamatan Penengahan, Bakauheni, Ketapang dan Sragi dan Ahmad Fajirin merupakan penerus Saibatin Markhga Dantaran Pangeran Naga Beringsang Ke-V.

Bertempat di Kediaman Ahmad Yusuf (Khadin Makuta) acara adat tersebut turut pula dihadir, Anggota DPRD Prov. Lampung Fraksi Demokrat Wahrul SIlalahi, Anggota DPRD Prov. Lampung, Fitani Hasan, Anggota DPRD Fraksi PDIP, Sadide, General Manager PT. ASDP, Capt. Solikin, Para Pejabat Struktural Pemkab Lamsel, Uspika Bakauheni, Para Paksi Tiyuh,Paksi Deduk, Paksi Kenyayan, Paksi Khuguk Sumokh dan Para Petinggi Adat Marga Dantaran.

Pada Acara Tersebut, Wakil Bupati Lamsel, Pandu Kesuma Dewangsa mengatakan dalam sambutannya, sangat terharu dengan penyambutan yang sangat luar biasa, Pandu juga mengatakan bangga kepada kerabat lamban balak Marga Dantaran.

“Saya sangat bangga sekali dapat hadir ditengah-tengah Segeri Suku atau Petinggi Adat Marga Dantaran dalam kegiatan Prosesi Adat Anjaw Silaw yang sakral ini. Semoga kehadiran saya beserta jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan dapat memberikan motivasi dalam bentuk dukungan bagi seluruh masyarakat Adat Marga Dantaran dalam menjalankan dan ensukseskan Prosesi Adat Anjaw Silaw hari ini,” Ujarnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pangeran Naga Bringsang V dan para Petinggi Adat Marga Dantaran, atas pengangkatan saya menjadi kerabat didalam Adat Sai Batin Marga Dantaran. Prosesi Adat Anjaw Silaw atau bisa kita sebut dengan silaturrahmi adat merupakan kekayaan budaya masyarakat Lampung Selatan yang harus tetap terjaga kelestariannya ditengah maraknya budaya asing,” Ucap Pandu.

Wakil Bupati, Pandu juga mengatakan untuk terus menjujung dan melestarikan adat budaya daerah khususnya Adat Budaya yang ada Marga Dantaran Lampung Selatan.

“Insya Allah dengan menjunjung tinggi Adat dan Budaya, nilai serta norma hidup sebagai makhluk sosial atau Pi’il Pesenggiri bisa kita jaga,” Tutupnya.

Sementara, Pangeran Naga Beringsang Ke-V, Ahmad Fajirin mengatakan Acara Anjau Silau sangat sakral dan bersejarah. Ia juga mengatakan simbol kebesaran Adat Lampung Marga Dantaran akan ditunjukkan di seluruh wilayah Marga Dantaran sebagai tanda persatuan dan kesatuan juga sebagai bentuk sinergitas antar kerabat marga dantaran.

“Acara Anjau Silau ini sangat sakral dan bersejarah mulai jak lapahan dipayungi didampingi hulubalang minak kerabat sampai disambut tari lampung dan pencak lampung menurut saya itu semua mebuat saya terharu untuk itu saya ucapkan terimakasih,” ucapnya.

“Saya berharap kedepan simbol-simbol kebesaran adat lampung marga dantaran dapat tersebar diseluruh wilayah marga dantaran sebagai bentuk sinergitas antara kerabat marga dantaran,” Ujarnya.

Selanjutnya, Acara yang dilakukan dengan mematuhi Potokol Kesehatan Covid-19 itu dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Hanuang Bani oleh Saibatin Marga Dadaran Pangeran Naga Beringsang Ke-V kepada General Managar PT ASDP, SMI Generai Manager PT BBJ serta Anggota DPRD Prov. Lampung Fraksi Demokrat sebagai kerabat Marga Dantaran. (Red)