Marga Dantaran Beri Gelar Adat Erik Thohir, PKD: Semoga Menambah Khazanah Kekayaan Budaya Lamsel
-->
Kategori Berita

Header Menu

Sabtu, 19 Juni 2021

Marga Dantaran Beri Gelar Adat Erik Thohir, PKD: Semoga Menambah Khazanah Kekayaan Budaya Lamsel

 




PENENGAHAN, KALIANDANEWS - Menteri BUMN, H. Erik Thohir, BA, MBA mendapatkan gelar adat kehormatan dari masyarakat adat Lampung marga Dantaran. Acara Prosesi Adat ini dilaksanakan di SMA Kebangsaan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan, Sabtu (19/6/2021).


Kegiatan Prosesi Adat Saibatin Marga Dantaran (Penguwakhan Adok dan Seakkonan) tersebut untuk mempererat tali silaturahmi antara Wakil Ketua MPR RI, H. Zulkifli Hasan, SE, MM dan Menteri BUMN, H. Erik Thohir, BA, MBA demi mempererat hubungan antara pemerintah pusat dan masyarakat adat untuk mendukung pembangunan di lampung selatan.


Gelar istimewa ini bukan hanya diberikan karena mengangkatnya sebagai kerabat keluarga besar marga Dantaran, tetapi sekaligus menobatkan Erick sebagai bangsawan dan adik langsung Zulkifli Hasan secara adat. 


Dalam rangakaian acara tersebut, turut didampingi oleh Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, S.IIP. Serta hadir juga

Ketua Umum LPTTK, Raditiyo, EGP, ST, MBA, Kapolres Lamsel, AKBP Edwin, SH, SIK, M.Si., dan para tokoh adat saibatin marga dantaran.


Dalam sambutannya, Zulhas menyampaikan bahwa pemberian gelar adat ini bukan hanya seremoni belaka, tetapi hal penting untuk mengajak para pemimpin negeri menjaga kelestarian adat dan Budaya.


"Ini amanat konstitusi. Amanat undang-undang. Adat dan budaya bangsa harus kita lestarikan berasama, karena ini bagian dari nilai-nilai luhur bangsa kita." Ungkap Zulhas di Kutip dari laman fansapage zulkifli hasan.


Sementara itu, Erick Thohir menyampaikan rasa suyukur dan bahagianya menerima gelar adat dari marga Dantaran, Lampung Selatan. Menurutnya, gelar kehormatan ini akan menjadi sebuah visi misi bersama dalam membangun indonesia maju.


"Jelas ini sebuah kehormatan, Raden Bangsawan, apalagi menjadi adik langsung dari Pak Zul dengan gelar Batin Eka Perkasa. Memang adat dan budaya ini harus menjadi visi kita semua. Kita tidak ingin Indonesia maju, tetapi meninggalkan adat dan budaya. Tidak mau revolusi industri 4.0 terus dikejar, tetapi anak-anak muda kita lupa pada budaya bangsanya," terang Erick. 


Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lampung Selatan sangat mengapresasi dan mendukung kegiatan Adat tersebut. Menurutnya, ini merupakan salah satu cara mempertahankan budaya daerah ditengah arus globalisasi yang menggerus dan mengancam eksistensi adat budaya khususnya di lamsel.


“Saya sangat bangga sekali dapat hadir mengikuti prosesi adat dalam pemberian gelar dan pengangkatan kerabat oleh Ananda saya Pangeran Naga Bringsang yang kelima,” Ucapnya.


“Kepada Wakil Ketua MPR Bpak Zulkifli Hasan dan Mentri BUMN Erik Thohir, semoga pengangkatan beliau berdua sebagai kerabat keadatan marga dantaran akan menambah khazanah kekayaan budaya kita yang ada di Lampug Selatan,” Ujarnya.


Selanjutnya, Acara dilanjutkan dengan prosesi penyerahan Kikat Hanuang Bani oleh Saibatin Marga Dantaran Pangeran Naga Beringsang Ke-V kepada Wakil Ketua MPR Bpak Zulkifli Hasan dan Mentri BUMN, Erik Thohir dengan gelar (Khadin Bangsawan).


Untuk diketahui, Pemberian Adat atau gelar yang dilakukan oleh Adat Marga Dantaran telah sesuai berdasarkan tata tertib Adat Lampung Sai Batin, sebagai tanda ikatan tali persaudaran lahir dan batin.


Dimana, Dr. H. Zulkifli Hasan, Seakkonan (pengangkatan kerabat) dengan H. Erik Thohir sebagai adik. Beliau berdua telah Seakkonan (pengangkatan kerabat) kakak dan adik yang sah secara adat. (Kmf/red)