Ketua STAI YASBA Lantik Pengurus UKM KSR PMI
-->
Kategori Berita

Header Menu

Kamis, 04 November 2021

Ketua STAI YASBA Lantik Pengurus UKM KSR PMI

 


KALIANDA, KALIANDANEWS - Ketua Yayasan Pembangunan Kalianda melantik Unit Kegiatan Mahasiwa KSR PMI Unit STAI Yasba Kalianda. pada Kamis (4/11/21).  


Acara tersebut dihadiri Ketua PMI, Sekretaris, Staf Markas dan KSR TSR PMI se-Kabupaten. Dalam acara pelantikan UKM KSR tersebut melantik 17 orang dengan jumlah anggota sebanyak 38 orang.


Tampuk kepemimpinan UKM KSR STAI YASBA Kalianda dilimpahkan kepada Fatmawati Azzahra sebagai Komandan, Dicky Candra Wakil Komandan. Sedangkan Sekretaris, Widya Zahrah, Desi Lestari dan bendahara Indah, Nurmala S dan Rizka Safitri.


"Setelah dilantiknya kepengurusan UKM KSR dapat terlibat dalam meningkatkan pelayanan dan kegiatan Kepalangmerhaan, khususnya donor darah dan penanggulangan bencana," Jelas Drs. M. Yacub Yuhira, Sh., M.M.Pd selaku ketua Yayasan Pembangunan.


Korps Sukarela atau disingkat KSR adalah wadah bagi perseorangan yang menyatakan diri bergabung kedalam KSR dengan sukarela tanpa paksaan. Satuan relawan PMI ini dibina dan latih oleh Palang Merah Indonesia. KSR dikelompokkan menjadi dua, KSR Unit Markas dan KSR Unit Perguruan Tinggi.


KSR PMI Unit STAI YASBA Kalianda menjadi Unit KSR Perguruan Tinggi yang kedua yang telah terbentuk di Lampung Selatan. UKM yang menjadi perpanjangan tangan PMI itu akan melaksanakan kegiatan-kegiatan Kepalangmerhaan baik di lingkungan STAI YASBA pada khususnya dan lampung selatan pada umumnya. 


Namun pembentukan UKM KSR PMI di STAI YASBA Kalianda sudah dimulai sejak tahun 2016 bahkan telah berkontribusi di Lampung Selatan. Salah satu kontribusi KSR STAI YASBA bisa dilihat pada saat bencana Tsunami Selat Sunda yang terjadi 2018 silam. Anggota KSR STAI YASBA Kalianda terlibat dalam kegiatan dan pelayanan PMI Kabupaten Lampung Selatan seperti pemberian dukungan sosial atau bisa disebut Pysicosocial Support Programe (PSP) serta bebrapa Layanan PMI lain seperti evakuasi, Dapur Umum dan lain lain.


Kegiatan KSR cukup banyak dan beragam seperti Donor darah sukarela, Pertolongan pertama dan evakuasi pada kecelakaan, bencana dan konflik, Dapur umum, penampungan darurat, distribusi relief, ReStoring Family Link (RFL) untuk korban bencana.


Tidak hanya itu kegiatan KSR lainnya adalah Pelayanan pada program berbasis masyarakat (CBFA/CBDP), Layanan konseling dan Pendidikan Remaja Sebaya (PRS) untuk pencegahan sebaran, HIV/AIDS dan narkoba, Ketrampilan hidup mengikuti Temu Karya KSR serta membantu PMI Kabupaten Lampung Selatan membina Anggota PMR. (Red)