Dikepung Banjir Setinggi 3 Meter, TRC Lamsel Evakuasi Lansia dan Balita
-->
Kategori Berita

Header Menu

Sabtu, 25 Desember 2021

Dikepung Banjir Setinggi 3 Meter, TRC Lamsel Evakuasi Lansia dan Balita







KALIANDANEWS, LAMSEL – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lampung Selatan sejak pukul 17.00 WIB, mengakibatkan beberapa titik lokasi terendam banjir, Sabtu (25/12/2021) malam.


Bahkan, terdapat titik banjir dengan ketinggian yang mencapai Tiga Meter. Informasi tersebut dieproleh dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Kabupaten Lampung Selatan, yang dipimpin Wakil Ketua TRC, Dulkahar, yang tengah siaga berada di lokasi titik banjir.


"Ya dinda, kita lagi berkililing ke sejumlah titik banjir. Alhamdulillah tadi kita berhasil Evakuasi sejumlah warga, ada Lansia dan Balita serta orang tuanya kita evakuasi juga di Desa Talang Baru Kecamatan Sidomulyo. Itu Banjirnya sampai 3 meter," Terang Dulkahar.


Selain itu, Dipertigaan jl. Cinta, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, air meluap kejalan akibat siring yang tak mampu menampung debit air. Di Desa Gunung Terang, Kecamatan Kalianda, sejumlah rumah terendam banjir, bahkan ada yang sepinggang orang dewasa.




Di jalan Trans Sumatera, belakang rumah makan Kurnia, air juga sudah mulai masuk ke rumah warga. Demikian halnya di desa Sukabanjar, air mulai menggenangi sejumlah rumah warga.


Kepala Pelaksana BPBD ini juga mengatakan, tim TRC melakukan pemantauan sekaligus pendataan terhadap rumah warga yang terdampak.


“Pertama, kami melakukan koordinasi dengan aparatur pemerintah tingkat kabupaten, Kecamatan dan Desa, untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya, selain melakukan pendataan,” jelas Dulkahar.


“Tim dari Dinas Kesehatan juga saat ini sudah berada dilokasi Desa Talang Baru dengan menurunkan 2 (dua) unit ambulan guna mengantisipasi hal-hal ynag tidak kita inginkan,” pungkas Dulkahar.


Sementara, Rully, Kabid Damkar dan Penyelamatan, mengatakan, timnya ikut bergabung bersama tim TRC, guna mengantisipasi jika keadaan darurat.


“Kami ikut berpatroli bersama tim TRC. Jika memang ada yang darurat untuk evakuasi warga kami yang terjun, kami juga siapkan peralatan untuk evakuasi, mesin alkon dan pelampung,” jelas Rully. (Kmf/Red)