Buka Diklatsar, Nanang Ingin Satpol PP punya Karakter dan Integritas
-->
Kategori Berita

Header Menu

Rabu, 19 Januari 2022

Buka Diklatsar, Nanang Ingin Satpol PP punya Karakter dan Integritas

 



KALIANDA, KALIANDANEWS -  Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) dan Wawasan Kebangsaan bagi para anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang baru di Pantai Kedu 1 Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Rabu (19/1/2022).


Kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar itu akan dilaksanakan selama 10 hari kedepan dan dilatih oleh Batalyon Infanteri 7 Marinir, serta diikuti 220 personil Satpol PP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.


Hadir dalam kegiatan, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 7 Marinir Letkol Marinir Mario Steven, M. Tr. Opsla, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, para Staf Ahli dan Asisten Pemerintahan Daerah, serta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.


Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, Diklatsar dan Wawasan Kebangsaan itu dilaksanakan guna membentuk karakter serta integritas para anggota Satpol PP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.


“Untuk melatih kedisiplinan dan integritas, kebetulan kami meminta kepada Batalyon Marinir dari Piabung untuk melatih secara fisik dan mental. Sehingga dari sini nanti akan membentuk karakter dan integritas anak-anak Satpol PP ini,” ungkapnya.


Nanang Ermanto juga mengatakan, sebagai personil Satpol PP harus mampu menjadi aparat yang cerdas dan berwawasan. Dengan demikian, akan terwujud ketertiban dan ketentraman masyarakat sesuai dengan perda yang telah diamanatkan.


“Perlu diketahui, untuk menjadi Satpol PP memang tidaklah mudah, karena selain membutuhkan kematangan secara fisik juga moril,” ujarnya.


Oleh karena itu, Nanang Ermanto berpesan, agar anggota Satpol PP dapat menegakkan keadilan, ketegasan, proporsional, dan menjunjung tinggi nilai Hak Asasi Manusia (HAM). Selain itu, juga dapat bertindak secara aktif dan reaktif serta mampu membaca situasi yang terjadi ditengah masyarakat.


“Harus mampu menampilkan wajah yang tegas namun humanis. Tegas bukan berarti semena-mena, tapi tampil semakin kuat dan kokoh dalam menjalankan tugas. Wajah humanis berarti melindungi dan melayani serta memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” tukasnya.


Hal senada pun diungkapkan oleh Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 7 Marinir Letkol Marinir Mario Steven, M. Tr. Opsla, melalui Diklatsar tersebut akan dibentuk karakter yang memiliki integritas tinggi, sehingga nantinya para anggota Satpol PP mampu menjalankan tugas secara profesional.


“Tujuan tahapan pelatihan ini, seperti yang telah dikatakan oleh pak bupati tadi, yaitu membentuk karakter kerjasama, jiwa korsa kepada Satpol PP ini. Secara fisik saya perhatikan tadi mereka memang sudah tampil prima, akan tetapi nanti akan kami bentuk karakter yang mampu bekerjasama meskipun dibawah tekanan,” jelasnya. (ptm/red)