Rini Ariasih Luncurkan Mister Wayang Layani Pengobatan Hewan Hingga ke Desa
-->
Kategori Berita

Header Menu

Jumat, 21 Januari 2022

Rini Ariasih Luncurkan Mister Wayang Layani Pengobatan Hewan Hingga ke Desa



PENENGAHAN, KALIANDANEWS -  Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lampung Selatan melakukan sosialisasi program Mobil Sahabat Ternak dan Hewan Kesayangan (Mister Wayang) di Desa Padan, Kecamatan Penengahan, Jum’at ( 21/01/2022). 


Acara yang dihadiri oleh Duta Swasembada Gizi Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto tersebut, bersamaan dengan acara Launching Program Pro Teman ( Promosi Kesehatan Lewat Tanaman) dan Pajero ( Pantau Jentik Sampai Zero) serta kegiatan bakti sosial. 


Rini Ariasih Kepala Disnakkeswan Lampung Selatan mengatakan, program inovasi Mobil Sahabat Ternak dan Hewan Kesayangan (Mister Wayang) baru diluncurkan pada tahun ini sebagai inovasi daerah milik kabupaten Lampung Selatan. 


”Mobil ini nantinya akan keliling ke kecamatan serta desa-desa di Kabupaten Lampung Selatan, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih muda mendapatkan pelayanan vaksin dan pengobatan untuk kesehatan hewan kesayangan,” ungkapnya. 


“Selain pelayanan keliling, kami juga membuka pelayanan vaksin dan pengobatan hewan di Disnakeswan lengkap dengan dokter dan vaksinnya,” tambahnya. 


Dengan memiliki 5 dokter hewan, kata Rini, Disnakeswan siap memberikan vaksin serta pengobatan kepada setiap hewan kesayangan yang dimiliki masyarakat seperti kucing, anjing, kera, musang dan hewan peliharaan lainnya. 


“Karenakan hewan-hewan ini rentan terhadap penyakit rabies, jadi kita bisa antisipasi supaya tidak menularkan ke pemiliknya dengan di vaksin,”ucapnya. 


Tidak hanya memberikan pelayanan vaksin, Program Mister Wayang juga dapat melakukan pengobatan terhadap hewan kesayangan/peliharaan dengan kesehatan yang menurun. 


” Jadi nanti didiagnosa terlebih dahulu dengan dokternya baru diberikan penanganan untuk terapi lebih lanjut,”jelasnya. 


Rini juga berharap,program Mister Wayang ini dapat dirasakan oleh masyarakat manfaatnya, baik dari segi pelayanan vaksin dan juga pengobatan untuk hewan kesayangan milik masyarakat. (lmhr/red)