Tanpa Biaya, Dinkes Lamsel Khitan Lebih dari 1000 Anak Sepanjang Tahun 2021
-->
Kategori Berita

Header Menu

Minggu, 16 Januari 2022

Tanpa Biaya, Dinkes Lamsel Khitan Lebih dari 1000 Anak Sepanjang Tahun 2021





KALIANDA, KALIANDANEWS - Kepedulian Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan kepada Masyarakat Lamsel nampaknya terus bergeliat. H. Nanang Ermanto yang merupakan Bupati Lampung Selatan tak lupa akan tugas dan kewajibannya memberikan pelayanan terhadap seluruh lapisan masyarakat.



Mulai dari rumah roboh di bangun, Rumah tak layak huni dibedah, sampai dengan digelontorkaannya dana ratusan juta untuk korban kebakaran rumah terhitung sejak ia memimpin kabupaten berjuluk khagom mufakat ini.



Masih terus berlanjut, Bupati yang berangkat dari wong cilik itu juga menugaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan, melalui Dinas Kesehatan menggelar gerakan sunat gratis di seluruh UPTD Puskesmas yang tersebar di 17 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan.





Nanang Ermanto menyampaikan, program program tersebut merupakan langkah kegotong-royongan dari seluruh OPD di lingkup Pemkab Lamsel. Sebab menurutnya, program-progrma tersebut akan langsung menyentuh masyarakat sampai kebawah.



"Mulai daru bedah rumah, santunan korban kebakaran, Sunat gratis dan program lainnya merupakan visi kegotong-royongan kita dalam mewujudkan lampung selatan maju," Ungkapnya.



"Saya tidak mau dengar lagi ada warga yang kehujanan atau kepanasan karena rumahnya tak layak huni. Begitu juga dengan sunat gratis, saya tak mau lagi dengar ada warga yang kesulitan biaya untuk di khitaa. Maka kita adakan program Sunat gratis. Kami bersama akan bekerja keras mensejahterakan rakyat," Tegas Nanang Ermanto.





Tercatat selama tahun 2021, Seribu seratus lima puluh lima (1155) jumlah anak yang ada di lampung selatan di Sunat Gratis, kemudian tanpa adanya syarat khusus. Siapapun anak lamsel yang ingin di khitan gratis, tinggal datang ke ke puskesmas terdekat.



“Ngak ada syarat, cukup datang saja ke wilayah kerja Puskesmas masing-masing. Nanti sudah dilayani, tidak ada syarat-syarat khusus,” Terang Kadis Kesehatan Lamsel Joniansyah.



Lanjut Joniansyah mengatakan, kegiatan tersebut tercetus atas dasar inisiatif Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta sang istri Hj. Winarni, sebagai gerakan peduli kepada masyarakat yang kurang mampu.



“Program itu atas dasar inisiatif bapak bupati dan ibu, agar kita melaksanakan salah satu kegiatan gratis di masing-masing Puskesmas. Ini kita lakukan di seluruh Puskesmas,” Ungkap Joniansyah, Minggu (16/01/2022).



Lebih lanjut Joniansyah menyampaikan, gerakan sunat gratis itu dilaksanakan setiap hari Jumat pada masing-masing UPTD Puskesmas. Namun tidak serta merta serentak pada hari yang sama. Hal tersebut dikarenakan, saat ini Pemkab Lampung Selatan tengah fokus menggencarkan vaksinasi Covid-19.


“Inshallah program ini akan terus berlanjut di tahun 2022. Tapi memang tidak serta merta serentak semua Puskesmas berjalan sekaligus dihari yang sama. Tergantung dengan situasi Puskesmasnya, nanti Puskes yang bersangkutan yang akan menyampaikan kepada masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing kapan mereka akan melaksanakan sunat massal itu, Pungkas Kadis Kelahiran Lampung Selatan itu. (Red)