Lepas 58 Mahasiswa KKN STAI Yasba, Bupati Lamsel Harapkan Mahasiswa Mampu Memberi Warna Bagi Masyarakat
-->
Kategori Berita

Header Menu

Rabu, 02 Maret 2022

Lepas 58 Mahasiswa KKN STAI Yasba, Bupati Lamsel Harapkan Mahasiswa Mampu Memberi Warna Bagi Masyarakat

 


KALIANDA, KALIANDANEWS - Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto melepas 58 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2021/2022 dari Sekolah Tinggi Agama Islam Yayasan Pembangunan (STAI Yasba) Kalianda.

Acara tersebut dihadiri Ketua Yayasan STAI Yasba Kalianda M.Yakub Yuhira, Ketua STAI Yasba Arpandi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteran Rakyat (Kesra) Eka Riantinawati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika M.Sefri Masdian, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Erdiansyah, Sekretaris Dinas Pendidikan Asep Jamhur, Camat Ketapang Madro’i, para kepala desa tujuan KKN, para dosen STAI Yasba dan para orang tua dari mahasiswa.

Sebanyak 58 mahasiswa/mahasiswi STAI Yasba yang akan melaksanakan KKN terdiri dari 4 Program Studi (Prodi) yakni Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Pendidikan Anak Usia Dini dan akan dilaksanakan di Kecamatan Ketapang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Pelaksana KKN STAI Yasba Feriyansyah saat menyampaikan laporan pada acara pelepasan mahasiswa KKN STAI Yasba yang berlangsung di aula sebuku rumah dinas bupati setempat, Rabu (2/2/2022).

“KKN STAI Yasba Tahun Akademik 2021/2022 akan dilaksanakan di Kecamatan Ketapang dilima desa yaitu desa Sumur, Ruguk, Berundung, Lebung Nala, dan Desa Kemukus,” jelas Feriyansyah.

Dalam laporannya, Feriyansyah mengucapkan terimakasih kepada camat beserta kepala desa yang sudah bersedia untuk menerima mahasiswa/mahasiswi KKN dari STAI Yasba.

“Kurang lebih mahasiswa/mahasiswi akan melaksanakan KKN selama 40 hari hingga tanggal 11 April mendatang, semoga ilmu, pengalaman, apa yang didapat selama kuliah dapat diimplemantasikan dimasyarakat,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua STAI Yasba Arpandi menambahkan, program KKN merupakan salah program mata kuliah wajib bagi mahasiswa STAI Yasba yang dilaksanakan tiap tahun.Tujuannya untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa melalui keterlibatan langsung di masyarakat.

“KKN merupakan implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Arpandi.

Ia berpesan agar mahasiswa/mahasiswi yang akan melaksankan KKN dapat berbaur dengan masyarakat dan dapat mengimplementasikan ilmunya serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga mahasiswa/mahasiswi yang akan melaksanakan KKN dapat bertugas dengan baik, bertanggung jawab dan sukses,” pesan Arpandi.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyambut baik dan menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan KKN STAI Yasba.

“Atas nama pemerintah daerah saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pengurus beserta Jajaran STAI Yasba atas kontribusinya terhadap dunia pendidikan selama ini, karena dengan adanya STAI Yasba ini artinya turut membantu Pemerintah Daerah dalam usaha meningkatkan sumber daya manusia yang handal di Kabupaten Lampung Selatan,” jelas Bupati.

Tak lupa, Nanang mengucapkan selamat melaksanakan KKN bagi para mahasiswa/mahasiswi STAI Yasba. Ia berharap KKN sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tridharma perguruan tinggi.

“Semoga ilmu dan pengalaman yang didapat dalam pelaksanaan KKN nanti bisa memperluas wawasan keilmuan adik-adik mahasiswa dan memberi manfaat kepada masyarakat luas,” terang Nanang.

Dengan adanya kegiatan KKN ini para mahasiswa mempunyai kesempatan untuk melakukan pembelajaran dan pemberdayaan kepada masyarakat melalui program yang telah di persiapkan.

Oleh karena itu, Nanang berharap kepada mahasiswa yang akan melaksanakan KKN agar bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Keterlibatan adik-adik mahasiswa di dalam masyarakat diharapkan mampu memberi warna dalam masyarakat, munculkan ide-ide kreatif serta susun perencanaan yang baik dengan melibatkan masyarakat sekitar, sehingga akan tumbuh rasa kebersamaan dan tanggung jawab bersama untuk mengimplementasikan rencana-rencana yang telah dibuat,” tegas Nanang.

Di akhir acara, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menerima cinderamata dari Ketua STAI Yasba.

Yang selanjutnya cinderamata kemudian diserahkan kepada Camat Ketapang dan diteruskan kepada para kepala desa sebagai tanda pelepasan dan penyerahan mahasiswa peserta KKN telah terlaksana.(red/kmf)