Reses Di Candipuro, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin Tampung Aspirasi Warga
-->
Kategori Berita

Header Menu

Minggu, 24 April 2022

Reses Di Candipuro, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin Tampung Aspirasi Warga

 



CANDIPURO, KALIANDANEWS – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menghadiri acara Kunjungan Kerja/Reses Ketua Komisi IV DPR RI yang bertempat di Desa Sinar Pasemah, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan, Minggu (24/4/2022).

Kegiatan reses diikuti oleh puluhan kelompok tani (poktan) dan kelompok wanita tani (KWT) di Kecamatan Candipuro, Kab. Lampung Selatan.

Turut hadir dalam acara tersebut Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan Muhadi, Kepala Dinas TPH & Perkebunan Bibit Purwanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Feri Bastian, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Rini Ariasih, Kadis Ketahanan Pangan Yensen Mulia, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Erdiansyah, Kepala Dinas Kominfo Sefri Masdian, Plt. Camat Candipuro Ahmad Solatan, dan para tamu undangan lainnya.

Sebagaimana diketahui, Reses adalah sebuah kegiatan yang dilakukan anggota dewan di luar masa sidang yang bertujuan untuk menjaring dan menampung aspirasi masyarakat, baik itu elemen pemerintah, kelompok masyarakat, komunitas pemuda, komunitas perempuan atau bahkan masyarakat umum.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyambut baik kedatangan Ketua Komisi IV DPR RI itu ke Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Nanang mengucapkan terimakasih dan sangat mengapreasi kinerja pak Sudin dan kepeduliannya terhadap Lampung Selatan yang tak hanya di bidang pertanian, tetapi di bidang lain seperti kesehatan, pendidikan, pembangunan dan lainnya.

“Ini yang beberapa ribu kali pak Sudin hadir di Lampung Selatan, saya bangga dan saya terharu atas kepedulian pak Sudin ketika memperjuangkan kelompok tani di seluruh Indonesia termasuk di Lampung Selatan,” ucapnya.

Nanang berharap, Reses yang dilaksanakan bersama ketua Komisi IV tersebut dapat menyerap aspirasi masyarakat sebagai bahan evaluasi pengambilan kebijakan kedepan.

“Karna para pemimpin itu tidak boleh berbohong terhadap rakyat namun menangis dan tertawa bersama rakyat, jadi kami harus ada ditengah-tengah rakyat, tapi rakyat jangan mendustai kami, maka jangan ada dusta diantara kita” ucap Nanang.

Sementara, Ketua Komis IV DPR RI, Sudin, SE mengatakan kegiatan reses yang dilakukan yakni untuk mengetahui langsung permasalahan apa saja yang dihadapi petani.

“Dengan adanya acara reses ini diharapakan aspirasi masyarakat, para bapak ibu khususnya petani di Candipuro dapat ditampung dan ditindaklanjuti demi kemajuan daerah,” ucapnya.

Selanjutnya reses dilanjutkan dengan sesi
tanya-jawab oleh para penyuluh dan petani. Sejumlah usulan mengemuka dalam reses tersebut, seperti permintaan mesin sedot air, pengerasan akses jalan pertanian, permintaan mesin penunjang pertanian, serta modal untuk pengembangan usaha lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Sudin yang saat ini duduk di Komisi IV dan membawahi bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, maritim, dan pangan, langsung merespon keinginan mayarakat.

Iapun menyarankan kepada kelompok wanita tani (KWT), Gapoktan dan Kelompok peternak hewan untuk secepatnya membuat proposal. Beberapa bantuan yang di usulkan seperti handtractor, cultivator, alat pertanian lainnya, bantuan ternak kambing, serta modal pengembangan pertanian untuk KWT.

“Nanti pak Kades kordinir bikin proposalnya cantumkan nama kelompok tani, dan nomor teleponnya, nanti ada verifikasi jangan smpe ada kelompok tani yang bodong,” tegas Sudin. (red/kmf)