Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 2022, Jokowi Pinta Anak Bangsa Membumikan Pancasila
-->
Kategori Berita

Header Menu

Rabu, 01 Juni 2022

Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 2022, Jokowi Pinta Anak Bangsa Membumikan Pancasila

 


KALIANDA, KALIANDANEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, secara virtual dari Aula Rajabasa, Setdakab setempat, Rabu (1/6/2022).

Nampak hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Thamrin, S.Sos., M.M., para Asisten dan Staf Ahli, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Thomas Amirico, S.STP., M.H., serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Lampung Selatan.

Selain dihadiri oleh jajaran Pemkab Lampung Selatan, nampak mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dari Aula Rajabasa, Hakim Adhoc Tipikor Pengadilan Tinggi Pontianak Elik Murtopo, S.H., M.H.

Tak hanya itu, seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan jajaran Pemerintahan Kecamatan se-Lampung Selatan juga mengikuti kegiatan upacara secara virtual dari Kantor masing-masing.

Adapun, Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2022 ini mengusung tema “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Kali ini, upacara peringatan digelar secara terpusat dari Lapangan Pancasila Ende, kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi). Sedangkan, Brigadir Jenderal TNI Harfendi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer IX/Udayana, bertindak sebagai perwira upacara.

Pada prosesi upacara, Presiden Jokowi terlihat mengenakan baju Ragi Lambu-Luka Lesu yang merupakan baju adat Ende. Kemudian, Ibu Iriana Jokowi juga tampak mengenakan kain motif tradisional Ende berwarna ungu tua.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsekal Muda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

Melalui momentum peringatan Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi mengajak seluruh anak bangsa untuk membumikan pancasila, dengan cara mengimplementasikan dan memperjuangkan nilai-nilai dasar Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Jokowi juga menyampaikan, Pancasila bukan hanya telah menyatukan bangsa Indonesia, tetapi juga menjadi penuntun bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian. Oleh karenanya, dalam perjalanan bangsa Indonesia selalu berlandaskan kepada Pancasila.

“Di kota yang sangat bersejarah ini, bung Karno merenungkan dan merumuskan pancasila, yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan pancasila bagi bangsa dan negara. Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Oleh karenanya, Presiden Jokowi juga mengajak seluruh pemimpin bangsa untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila, serta menjadi pelopor dalam memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju dan mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.

“Saya mengajak seluruh pemimpin bangsa, terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas, dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, menjadi contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila,” tandasnya.(red/kmf)