Audiensi Bersama KPU Lamsel, KJHLS Siap Jadi Corong Edukasi
-->
Kategori Berita

Header Menu

Senin, 01 Agustus 2022

Audiensi Bersama KPU Lamsel, KJHLS Siap Jadi Corong Edukasi

 



KALIANDA, KALIANDANEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan (Lamsel) sepertinya terus melakukan persiapan menjelang pesta demokrasi pemilu serentak 2024 mendatang.


Karenanya, lembaga penyelenggara demokrasi ini mulai gencar melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Salah satunya, yakni menjalin koordinasi dengan lembaga pers yang terbilang aktif di Kabupaten Lamsel.


Siang tadi, Senin (1/8/2022), KPU Lamsel menerima audiensi dari pengurus Komunitas Jurnalis Harian Lampung Selatan (KJHLS), yang dipusatkan di ruang rapat komisioner KPU setempat. Dari pantauan, seluruh komisioner KPU Lamsel juga nampak hadir dalam audisi tersebut.


Ketua KPU Lamsel, Ansurasta Razak mengungkapkan, dari evaluasi yang dilakukan paska Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 lalu, memiliki sejumlah catatan yang patut menjadi refrensi perbaikan menyambut Pemilu 2024 mendatang.


"Tentu dari hasil evaluasi Pilkada 2020 lalu  menjadikan pembelajaran untuk tahapan yang akan datang. Pada prinsipnya, kami (KPU Lamsel, red) meminta support dari semua element masyarakat termasuk media untuk bersama-sama mensukseskan hajat demokrasi yang akan datang,"harap Ansurasta.


Aan sapaan akrab Ansurasta, juga menambahkan, selaku salah satu dari stakeholder suksesor pemilu, media memiliki kewenangan yang sangat penting. Dari publikasi agenda tahapan pemilu, sosialisasi regulasi pemilu hingga bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam pemilu tersebut.


"Maka saya juga berharap, agar media menjadi corong publikasi yang dapat memberikan edukasi terhadap masyarakat mengenai Pemilu. Sehingga, suksenya pemilu di Lamsel adalah merupakan kesuksesan kita semua,"tukasnya.


Sementara, Ketua KJHLS Dony Armadi menjelaskan, pihaknya melakukan audiensi bersama KPU Lamsel adalah merupakan bentuk pelaksanaan agenda program organisasi. Tentunya, dalam menyongsong suksesi pemilu 2024 mendatang.


"Kita selaku jurnalis yang juga merupakan salah satu stakeholder suksesor pemilu harus tanggap untuk bagaimana dapat bersinergi dengan pihak penyelenggara agar dapat mewujudkan pemilu yang sesuai harapan masyarakat. Salah satu upaya organisasi, yakni dengan penyelarasan program menyongsong pemilu 2024 mendatang,"terangnya usai beraudiensi bersama komisioner KPU Lamsel.


Dony juga berkomitmen, KJHLS siap mendukung program setiap tahapan kegiatan pemilu yang dilakukan oleh KPU Lamsel. Tentu saja, hal tersebut merupakan upaya mendukung terciptanya Pemilu serentak yang berkualitas.


"Maka, harus dilakukan penyamaan persepsi antara penyelenggara pemilu dan jurnalis. Agar, berita yang di produksi oleh rekan-rekan jurnalis dapat memberi edukasi yang selaras untuk masyarakat. Khususnya di Lampung Selatan,"tutupnya. (Red)