Berbagai Hasil Produk Dari Tiap Desa Se-Kecamatan Candipuro Dijajakan Dalam Pameran UMKM
-->
Kategori Berita

Header Menu

Senin, 15 Agustus 2022

Berbagai Hasil Produk Dari Tiap Desa Se-Kecamatan Candipuro Dijajakan Dalam Pameran UMKM

 


CANDIPURO, KALIANDANEWS – Pemeran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Semarak Candipuro Bangkit (Secaba) Festival 2022, digelar dilapangkan Desa Titiwangi, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (15/08/2022).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Hj. Winarni Nanang Ermanto beserta jajaran perangkat daerah lainnya.

Hasil produk UMKM dari 14 desa di Kecamatan Candipuro turut dijajakan didalam kegiatan tersebut, makanan siap saji seperti aneka jajanan pasar, lambang sari, getuk, empek-empek, dan cemilan dari produk olahan seperti pisang, singkong, sukun dan berbagai produk lainnya.

Hasil pertanian dari desa pun turut dijajakan, seperti kangkung, cabai, tomat terong dan berbagai macam jenis sayuran lainnya.

Camat Candipuro, Achmad Solatan Nurohman mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu visi misi dari Bupati Lampung Selatan, dimana harus inovatif dan kreatif untuk membuat sebuah kegiatan dimana untuk mengundang masyarakat luar untuk datang.

“Ini merupakan visi misi Bapak Bupati Lampung Selatan, dimana Bapak Bupati punya harapan besar supaya pertumbuhan ekonomi di Lampung Selatan khususnya Candipuro semakin meningkat. Jadi bagaimana kita harus inovatif dan kreatif untuk membuat sebuah kegiatan supaya dapat mengundang investor untuk datang kewilayah kita,” ungkapnya.

Achmad Solatan juga menuturkan, Kecamatan Candipuro sudah memiliki stand permanen, dimana nanti akan diisi oleh pelaku-pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Candipuro dan stand permanen tersebut hari ini telah dikukuhkan secara langsung oleh Bupati Lampung Selatan.

“Hari ini Bupati Lampung Selatan telah mengukuhkan stand permanen yang telah dibangun di Kecamatan Candipuro, stand ini nantinya akan diisi oleh pelaku UMKM dimana nanti disini kita akan terus membuat sebuah kegiatan, supaya nanti dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, juga mendatangi langsung stand-stand UMKM yang ada di dalam kegiatan Pameran UMKM dan Semarak Candipuro Bangkit (Secaba) Festival 2022.

Bahkan, dirinya juga turut membeli dan mencicipi berbagai macam produk cemilan dan makanan siap saji dari produk-produk hasil dari Kecamatan Candipuro tersebut.

“Saya sudah memasuki 14 stand yang ada di Kecamatan Candipuro ini, sangat luar biasa sekali disini, para kepala desanya pun sangat kreatif dan mempunyai suatu inovasi dari hasil-hasil UMKM dari desanya, ini menunjukkan bangkitnya pertumbuhan ekonomi di desa-desa, di Kecamatan Candipuro khusus untuk Lampung Selatan,” ucapnya sambil membeli dagangan UMKM tersebut.

Nanang juga mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu program, dimana bertujuan untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di setiap Kecamatan dan desa, baik itu potensi wisata, UMKM, pertanian maupun kesenian dan budayanya.

“Alhamdulillah saya sudah dua bulan ini kelilingi, bulan kemarin saya ada di Kecamatan Way Sulan dan hari ini ada di Kecamatan Candipuro, nah nanti bulan depan akan ada di Kecamatan Palas, ini nanti kegiatan ini akan terus terlaksana keliling se-Lampung Selatan,” tandasnya.(red/kmf)