Bupati Lampung Selatan Lepas Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di Kabupaten Lamsel
-->
Kategori Berita

Header Menu

Rabu, 28 September 2022

Bupati Lampung Selatan Lepas Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di Kabupaten Lamsel

 


KALIANDA, KALIANDANEWS – Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menutup rangkaian kegiatan Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2022 “Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi” di Kabupaten Lampung Selatan.

Penutupan Roadshow Bus KPK 2022 di Lampung Selatan tersebut, ditandai dengan melepas secara simbolis Bus KPK dan rombongan tim KPK di halaman rumah dinas bupati setempat, pada Rabu Sore (28/9/2022).

Pada kesempatan tersebut, turut mendampingi Bupati Lampung Selatan melepas Bus KPK, jajaran Forkopimda dan jajaran Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Sebelumnya, rombongan tim KPK diajak Bupati Lampung Selatan berkunjung ke Perpustakaan Kebun Edukasi dan berkeliling ke Kebun Edukasi milik Pemerintah Daerah setempat.

Saat berkeliling ke Kebun Edukasi, Kepala Sekretariat Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Guntur Kusmeiyano mengungkapkan rasa kagum nan takjub melihat pemanfaatan lahan Rumah Dinas Bupati disulap menjadi perpustakaan dan wisata Kebun Edukasi.

Terlebih saat guntur memandang indahnya panorama Gunung Rajabasa yang dapat terlihat jelas menjulang dari area Kebun Edukasi.

“Wah, pemandangan yang mahal ini. Luar biasa indahnya, saya baru lihat, Rumah Dinas Bupati ada perpustakaan dan wisata Kebun Edukasinya, ini sangat menarik dan bagus untuk pemanfaatan lahan yang semula lahan tidur,” ungkap Guntur.

Guntur Kusmeiyano juga mengatakan, perpustakaan edukasi di Lampung Selatan benar-benar sangat bermanfaat untuk masyarakat, karena disini buku-bukunya sudah terbilang cukup lengkap.

“Perpustakaan ini sangat lengkap dan nyaman sekali, pasti pengunjung yang datang ke sini merasa terpasilitasi dengan baik, ada komputer dan WiFi, buku-bukunya pun saya lihat lengkap. Nanti akan saya kirimkan buku tentang KPK, untuk menambah buku yang ada disini,” ujarnya.

Disela-sela kegiatan sore itu, Guntur Kusmeiyano juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah membantu mempersiapkan dan mensukseskan kegiatan Road Show Bus KPK 2022 di Kabupaten Lampung Selatan.

Dirinya berharap, dengan seluruh rangkaian kegiatan Roadshow Bus KPK selama 2 hari di Kabupaten Lampung Selatan dapat memberikan keberlanjutan edukasi antikorupsi untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengaku sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas kehadiran Bus KPK dan seluruh rangkaian program kegiatannya di Kabupaten Lampung Selatan.

Dirinya juga mengungkapkan, dengan hadirnya Road Show Bus KPK di Kabupaten Lampung Selatan akan menjadi salah satu strategi dan kampanye edukatif tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi sekaligus membangun budaya anti korupsi di Kabupaten Lampung Selatan.

Untuk diketahui, Kabupaten Lampung Selatan merupakan Kabupaten/Kota ke-6 dalam perjalananan Bus KPK yang berlangsung 27-28 September 2022.

Selama dua hari berbagai agenda kegiatan ikut mengisi Roadshow Bus KPK di Lampung Selatan, seperti edukasi antikorupsi untuk pelajar tingkat TK, SD, SMP dan SMA, Kuliah umum antikorupsi mahasiswa STIH Muhammadiyah Kalianda.

Kemudian edukasi antikorupsi untuk Satuan Pendidikan, bimbingan teknis gratifikasi aparatur sipil negara (ASN), sosialisasi gratifikasi untuk masyarakat umum, serta pameran pelayanan publik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Lampung Selatan.

Usai berkunjung di Lampung Selatan, Roadshow Bus KPK akan dilanjutkan ke Provinsi Banten tepatnya Kota Serang, Cilegon dan Tangerang Selatan.(red/kmf)