Program Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi, KPK RI Harap Dapat Menjadi Trigger Perubahan Di Kabupaten Lamsel
-->
Kategori Berita

Header Menu

Selasa, 27 September 2022

Program Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi, KPK RI Harap Dapat Menjadi Trigger Perubahan Di Kabupaten Lamsel

 


KALIANDA, KALIANDANEWS – Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tiba di Kabupaten Lampung Selatan. Kabupaten ujung Sumatera ini menjadi lokasi ke-6 dari 9 Kabupaten/Kota yang mendapat kunjungan dari lembaga anti rasuah.

Selama 2 hari, hari ini Rabu (27/9/2022) dan Kamis (28/9/2022) besok, roadshow ini akan melakukan sejumlah kegiatan untuk pencegahan dan edukasi kepada masyarakat. Berbagai program dilakukan untuk menyasar semua level masyarakat.

Kegiatan diawali dengan pembukaan Roadshow  Bus KPK dan dilanjutkan dengan meninjau lokasi pameran pelayanan publik dan pelaku UMKM beserta bus KPK di Lapangan Korpri, Pemda Lampung Selatan, oleh Kepala Sekretariat Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat Guntur Kusmeiyano didampingi oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto.

Berbagai produk kerajinan dan produk lokal hasil UMKM Lampung Selatan hingga pelayanan dari berbagai Intansi/Lembaga juga turut memeriahkan acara pameran pelayanan publik dan pelaku UMKM di Kabupaten Lampung Selatan.

Adapun, instansi yang turut berpartisipasi memberikan pelayanan dalam kegiatan tersebut yaitu Dinas Kesehatan, Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Agama, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Samsat.

Kemudian, pelayanan dari Kepolisian Resor Lampung Selatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kejaksaan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bank Lampung, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia serta pelayanan vaksinasi rabies Mister Wayang oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Usai meninjau pameran, Kepala Sekretariat Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat dan Bupati Lampung Selatan beserta jajaran juga turut menyapa siswa-siswi SD/MI, pada kegiatan Edukasi Anti Korupsi Pelajar yang berlangsung di Aula Rimau Bappeda.

Kepala Sekretariat Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat Guntur Kusmeiyano menjelaskan, program Jelajah Negeri, Bangun Anti Korupsi adalah roadshow bus KPK di tahun 2022. Yang mana, pada tahun ini terdapat 9 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, Lampung sampai Banten yang mendapat kunjungan.

“Tujuannya adalah mengimplementasikan nilai-nilai anti korupsi, jujur, mandiri, disiplin, sederhana, berani, adil, kerja keras dan tanggungjawab. Dimana, segmentasinya adalah dari PAUD hingga orang tua, jadi semua elemen kita sosialisasi dalam 2 hari ini dan Kabupaten Lampung Selatan adalah lokus ke-6,” ujarnya.

Lebih lanjut Guntur menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi anti korupsi ini, menjadi salah satu program yang sangat efektif. Karena, dalam aksi tersebut dilakukan sejumlah kegiatan yang berujung pada pencegahan dan edukasi kepada masyarakat.

“Saya rasa efektif, karena sosialisasi ini ada 2 yaitu serangan udara dan darat. Serangan udara itu seperti di media sosial, instagram, tiktok, facebook. Nah ini serangan darat, serangan darat ini adalah yang langsung offline, bertemu dengan masyarakat,” jelas Guntur.

“Nah nanti kita akan lihat dalam 2 hari ini festival anti korupsi, nanti kita juga akan langsung meninjau, itu mulai dari tingkat TK, SD, SMP, bahkan nanti saya juga siang akan mengisi di tingkat perguruan tinggi. Itu semua kita sentuh, mudah-mudahan walaupun cuma 2 hari, ada yang menjadi pengungkit, trigger (pemicu) untuk perubahan, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan,” ungkapnya lebih lanjut.

Sementara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh KPK di Kabupaten Lampung Selatan. Dirinya berharap, seluruh jajaran pemerintah daerah dapat mengimplementasikan nilai-nilai anti korupsi tersebut dalam kegiatan sehari-hari.

“Dengan adanya Jelajah Negeri, Bangun Anti Korupsi ini kita bisa mengimplementasikan kegiatan-kegiatan roadshow ini, bagaimana kita seluruh jajaran mempunyai komitmen, kita benar-benar anti korupsi. Pemerintah Daerah mengapresiasi kegiatan roadshow ini untuk kegiatan-kegiatan kedepan yang lebih baik lagi,” ungkap Nanang. (red/kmf)