Bawaslu Lamsel Ajak Insan Pers Awasi Pendaftaran Parpol
-->
Kategori Berita

Header Menu

Kamis, 13 Oktober 2022

Bawaslu Lamsel Ajak Insan Pers Awasi Pendaftaran Parpol

 


KALIANDA, KALIANDANEWS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu dengan mengundang Insan Pers / Media masa Lampung Selatan yang berlangsung di Cafe D'Sas Kalianda. Kamis (13/10/2022).


Rapat koordinasi di pimpin langsung oleh ketua bawaslu lamsel Hendra Fauzi dengan Narasumber dan moderator, Fatikhatul Khiriyah, pengamat politik Universitas Lampung Dermawan Purba serta Mantan Ketua Bawaslu Lampung Khairul Anam.


Dalam sambutannya ketua Bawaslu Lamsel Hendra Fauzi menyampaikan hal yang berkenaan dengan proses verifikasi berkas partai politik peserta pemilu sudah berakhir. Dan kini Bawaslu Lamsel akan berlanjut ke tahap proses verifikasi Faktual.


"Oleh karena itu proses verifikasi faktual ini harus melibatkan dari pihak masyarakat yang salah satunya awak media yang berada di lamsel, untuk ikut serta mengawasi rangkaian Proses Faktual tersebut," jelasnya.


Lanjut Fauzi, proses Verifikasi Faktual ini akan di mulai pada tanggal 15 Oktober 2022 dimana dalam prosesnya akan dilihat mulai dari kepengurusannya hingga keanggotaan partai politik dan mengecek cara perekrutan keanggotaannya.


"Jika Pendaftaran parpol itu lulus di Verifikasi sebagai peserta pemilu, maka peserta parpol berhak mewujudkan sebagai peserta pemilu mendatang," Jelasnya.


Diketahui dalam kegiatan itu, dilengkapi dengan penandatanganan komitmen bersama Bawaslu dengan Para Insan Pers di Lamsel dalam pengawasan dan partisipasi pemilu pilkada 2024 mendatang.(Agus)