Petani Milenial Coba Bertani di Kebun Edukasi
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Kamis, 19 Januari 2023

Petani Milenial Coba Bertani di Kebun Edukasi

 


KALIANDA, KALIANDANEWS - Petani milenial yang berasal dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Lampung Selatan, mulai mengimplementasikan hasil pelatihannya beberapa waktu lalu di Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung. Mereka, menggarap sebagian lahan di Kebun Edukasi Rumah Dinas Bupati Lamsel untuk ditanami cabai dan sayuran.


Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto memberikan apresiasi terhadap para petani milenial yang sudah berani melakukan action sebagai ujicoba dari ilmu yang mereka peroleh selama pelatihan. Sehingga, apa yang diperoleh bisa bermanfaat.


"Kami berikan apresiasi kepada mereka yang sudah berani melakukan ujicoba di lahan kebun edukasi. Jadi, hasil pelatihan mereka tidak sia-sia dan bermanfaat," ungkap Nanang kepada awak media di Kebun Edukasi Kalianda, Kamis (19/1/2023).


Nanang menegaskan, jika para petani milenial tidak perlu takut gagal dalam menggarap pertanian di lahan percontohan ini. "Jangan takut gagal. Yang penting sudah berani mencoba. Kalau gagal coba lagi," tegasnya.


Jika hasil percobaan ini berhasil, lanjutnya, Nanang bakal memberikan mereka kesempatan untuk menggarap lahan yang lebih besar lagi. Sehingga, hasil nya bisa bermanfaat bagi mereka dan daerah serta masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan.


"Ini bisa kita sebut sebagai ujian tahap awal ini. Jika nanti berhasil dan ada hasilnya, maka akan kita berikan kesempatan di lahan yang lebih luas sehingga bisa berkembang," tukasnya.


Sementara itu, Kepala Satpol-PP Lamsel, Maturidi Ismail, SH menjelaskan, pihaknya melibatkan 20 personil Satpol-PP yang memang sebelumnya telah mengikuti pelatihan di Bapeltan Lampung sebagai petani milenial. Dia menjamin, personil yang menggarap lahan Kebun Edukasi ini tidak mengganggu tugas mereka yang utama sebagai anggota Satpol-PP.


"Karena memang mereka bekerja dengan shift. Jadi tidak mengganggu. Ada 20 personil yang sudah mengikuti petani milenial. Semuanya bergabung untuk mencoba hasil pelatihan yang mereka peroleh di lahan Kebun Edukasi ini," tegas Maturidi.


Ditempat yang sama, Petani Milenial Personil Satpol-PP Lamsel, Sofyan menegaskan, mereka bakal melakukan penanaman cabai, semangka dan sayuran di lahan percontohan Kebun Edukasi tersebut. "Kita coba dulu untuk menanam cabai, semangka dan sayuran. Semoga berhasil, mengingat saat ini cuaca juga memang kurang baik. Tapi kita tetap berusaha sebaik mungkin," ungkap Sofyan. (red)