Sembilan rumah Hunian Tetap Desa Kunjir, Di Hempas Angin Kencang
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Senin, 27 Februari 2023

Sembilan rumah Hunian Tetap Desa Kunjir, Di Hempas Angin Kencang




KALIANDANEWS, Rajabasa - Cuaca buruk, dan angin kencang di wilayah pesisir Rajabasa memporak-porandakan atap rumah hunian tetap (Huntap) Dusun I desa Kunjir Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan sekira pukul 03:00 sampai pukul 05:00 Wib dini hari, pada senin 27/02/23.



Akibat kejadian, diperkirakan sembilan (9) unit rumah hunian tetap dusun 1 desa kunjir rusak parah, dengan kerusakan pada atap rumah yang berbahan baja ringan berterbangan hingga berjarak 40 meter terbawa angin.



Tak berselang lama dari kejadian, Sabtudin.S.Sos.S.Mi.Selaku Camat Rajabasa, Rio Imanda Kepala desa Kunjir, Jarsiman Kepala desa Wai Muli Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan serta Tim Tangguh Siap bencana desa Kunjir, Satgas Desa Tangguh Bencana (Destana) Wai Muli Timur berada di lokasi kejadian.



Menurut penuturan salah satu korban "Saat itu kami sedang tertidur tiba-tiba angin kenceng datang, bermula dari atap rumah saya ini pak yang di terbangkan angin, hingga merobohkan bagian Spandek atas sebelah rumah saya". Ucapnya warga dusun 1 merak dalam desa kunjir.




"Kami sekeluarga langsung segera mengungsi di tempat aman, awalnya saya kira hanya rumah saya saja yang terkana angin kencang ini pak, teryata rumah yang lain pun terkena dampak angin kencang ini, mungkin karena atap rumah berbahan baja ringan jadi mudah terbawa angin kencang" Ucap korban seraya menahan rasa sabar.



Rio Imanda Selaku Kepala desa Kunjir mengatakan."Saat terjadi angin kencang warga dalam keadaan tertidur,sementara ini warga yang rumahnya terkena musibah, sedang berada di pengungsian, Alhamdulillah dalam kejadian tidak ada korban jiwa, namun dalam musibah ini kerugian di taksir mencapai puluhan juta" Terang Rio saat berada lokasi.



Di tempat yang sama,"Hal ini sudah kita laporkan kepada BPBD Lampung Selatan, yang Alhamdulillah pihak terkait merespon dan  tanggap hingga dengan segeranya BPBD dan Dinas Kebakaran tiba pagi tadi di Huntap desa kami", Singkatnya.




Didampingi, Iwan Kasubid Tanggap darurat. Marlena Yusefa. SM.E.MM. Kasubid Pemulihan dan Peningkatan Fisik BPBD Lampung Selatan, menyampaikan.

" Sekitar 9 rumah yang mengalami kerusakan di Hunian Tetap (Huntap) desa Kunjir, ada pun 6 unit rumah mengalami rusak berat milik, Murni, Adam Sani, Ida Rohanah, Hasan Raja Mulia, Khoiruddin dan 3 unit lainnya rumah mengalami rusak sedang yaitu milik, Rudiyanto, Hermawan, Sami Hidayat", Jelasnya.




"Selanjutnya akan kita Verifikasi lagi Insyaallah dari pihak Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan segera memberikan bantuan sesuai Estimasinya dengan keadaan yang terjadi, Kami menghimbau kepada warga untuk lebih berhati-hati dan Waspada, BMKG sudah memperingatkan cuaca buruk ini hingga akhir bulan maret kedepan. Tutupnya.



Terpantau di lokasi, Personil Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan, Personil Pol PP Kecamatan Rajabasa, Tim Tangguh Siap bencana desa Kunjir dan Satgas Desa Tangguh Bencana (Destana) Wai Muli Timur membantu warga membereskan puing puing atap rumah.(cek/aj)