Pangeran Naga Bringsang Anjau Silau di Ponpres Darul Ijaiah Alkafi Desa Semanak
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Kamis, 09 Maret 2023

Pangeran Naga Bringsang Anjau Silau di Ponpres Darul Ijaiah Alkafi Desa Semanak



KALIANDANEWS, Bakauheni - Saibatin Bandakh Marga Dantaran Pangeran Naga Bringsang Ke V Ahmad Fajri SE, beserta rombongan Adat dari lamban balak Marga Dantaran, melaksanakan Anjau Silau di Desa Semanak, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan. Kamis (9/3/2023).


Hadir pada kesempatan itu kepala desa semanak, kepala Desa totoharjo, dan kepala desa Hargo Pancuran di Pondok Darul Ijaiah Alkafi Asamanah.


Marga Dantaran adalah sebuah marga, telah ada sejak abad ke 14 merupakan suatu wilayah dari kelompok masyarakat yang hidup secara otonomi hidup rukun dan damai di dalam masyarakatnya, adapun wilayah marga dantaran yakni di kecamatan penengahan, sebagian kecamatan rajabasa, sebagian kecamatan Sragi hingga kecamatan Bakauheni serta kecamatan ketapang.


Dalam sambutannya Pangeran Naga Bringsang V mengatakan, hadirnya bapak ridwan pimpinan pondok pesantren ke lamban balak, dengan sesuatu niat yang baik, lalu hari ini dilakukanlah angkonan muakhi.

"angkat muakhi ini di lakukan dengan tujuan menyatukan umat agar umat atau rakyat kita bersatu hidup harmonis baik sebagai muhajirin kaum ansor, untuk bersatu padu membangun Lampung Selatan, dan khususnya membangun Marga Dantaran," ujarnya.


Pada kesempatan itu, pangeran mengukuhkan angkon muakhi dengan bapak Nurjaya dengan bapak Ridwan, dan di beri adok yakni bapak Nurjaya dan istri (khadin mas), istrinya ( minak sandi), bapak Ridwan (minak pengukuh) untuk istri (minak akuan), bahkan menyematkan tukus atau topi adat Lampung.


Dari pantauan kaliandanews, acara tersebut telah di laksanakan di pondok pesantren Darul Ijaiah Alkafi Asamanah yang di Pimpinan ustad muhammad Ridwan fitron adhani, di Desa Semanak, kec. Bakauheni dari acara pemberian adok sampai di sematkan tukus atau topi adat khas Lampung dari pangeran marga dantaran.


Selain itu, selaku pimpinan pondok pesantren Ijaiaj Alkafi Asmanah, beliau mengungkapkan isi hatinya karena acara anjau silau di laksanakan di pondoknya sangatlah terharu serta istimewa, serta membutuhkan motifasi, dukungan serta bimbingan.


"Dengan adanya acara anjau silau ini mudah-mudahan kedepannya pondok pesantren ini bisa lebih baik lagi, apa lagi bisa di angkon menjadi adok mudah mudahan pondok ini maju,"Ungkapnya. (AD)