Sosialisasi IPWK, Hi.A.Zamzani Yasin Anggota DPRD Provinsi Lampung, Berkunjung Di Desa Kecapi
-->
Kategori Berita

Label

Iklan

Header Menu

Sabtu, 02 Maret 2024

Sosialisasi IPWK, Hi.A.Zamzani Yasin Anggota DPRD Provinsi Lampung, Berkunjung Di Desa Kecapi



KALIANDANEWS, KALIANDA  LAMSEL -- Gelar sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) Anggota DPRD provinsi Lampung dari fraksi Nasdem Hi.A.ZAMZANI YASIN, berkunjung di Desa Kecapi kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, yang berlangsung di Aula Kantor desa setempat, pada Sabtu 02/03/2024.



Dalam kunjungannya, Hi. A. Zamzani memaparkan isi sosialisasi IPWK tersebut kepada warga desa kecapi, yang berkaitan dengan keseharian warga dalam memahami struktur ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan itu.



"Jadi apa yang di maksud Ideologi Pancasila adalah, kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila yang merupakan penjelasan umum dalam ideologi ini" Jelasnya.



"Ideologi bersumber pada nilai-nilai yang terkandung dalam lima pasal Pancasila, merupakan aturan mengenai moral, jika aturan Pancasila sebagai ideologi negara di langgar, maka hukuman berupa sanksi moral dan sanksi sosial harus bisa di terima" tambah Anggota Komisi I DPRD provinsi itu.




Di ketahui, fungsi dari Pancasila sebagai Ideologi negara tersebut meliputi,
Menyatukan bangsa Indonesia, memperkokoh dan memelihara persatuan dan kesatuan.
membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan bernegara.
Menerangi serta mewujudkan keadaan, kritis terhadap upaya dalam mewujudkan cita-cita dalam Pancasila.




"Dan Wawasan Kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara, yang di landasi jati diri bangsa dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pancasila, Undang-undang Dasar 1945" timpal dewan fraksi Nasdem itu.



Adapun Nilai-nilai Wawasan Kebangsaan itu merupakan, menghargai harkat serta juga martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, mencintai tanah air serta bangsa, Demokrasi serta kedaulatan rakyat, Tekad bersama seluruh warga negara mewujudkan Indonesia yang bebas, merdeka serta bersatu, Masyarakat yang adil dan makmur serta kesetiakawanan sosial.



Pada acara, Anggota DPRD provinsi, Hi.A.Zamzani Yasin di temani staf dan rekan nya M. Gilang Satria Riyandi caleg DPRD kabupaten Lampung Selatan dapil 6 dari partai Nasdem, dihadiri langsung oleh Kepala Desa Kecapi Saripudin Lana, beserta jajaran aparatur desa, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda, sertai lebih dari seratus tamu undangan memadati balai desa setempat.



Ditempat yang sama Rahmat Kartolo, selaku staf menambahkan hal terkait penjelasan IPWK oleh dewan Hi.A.Zamzani. " harapan kami dengan di gelarnya sosialisasi ini, warga masyarakat desa kecapi ini dapat menciptakan suasana keharmonisan dan kerukunan umat beragama yang ada di lingkungan masyarakatnya desa kecapi terkhusus di kecamatan Kalianda ini" tutupnya (Agus J)