Redam Aksi Amuk Masa, Zainudin Kunjungi Desa Tajimalela dan Beri Santunan Keluarga Korban
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Selasa, 16 Mei 2017

Redam Aksi Amuk Masa, Zainudin Kunjungi Desa Tajimalela dan Beri Santunan Keluarga Korban

Kalianda, Kaliandanews - Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan lakukan kunjungan mendadak ke Desa Tajimalela Kecamatan Kalianda Lampung Selatan, pasca tewasnya salah seorang warga setempat Randi Hayatullah akibat pengeroyokan saat menonton organ tunggal di Desa Taman Agung Lampung Selatan.
Foto: Bupati Zainudin saat Memberikan Arahan
Turut serta dalam kunjungan tersebut, Kapolres AKBP Adi Ferdian, Ketua DPRD Lamsel Hendri Rosadi, Camat Kalianda Erdyansyah, SH, MM., serta beberapa pejabat lingkup Pemkab Lampung Selatan.


Berdasarkan Informasi yang dihimpun, kunjungan dadakan tersebut dilakukan akibat beredarnya kabar, bahwa warga Desa Tajimalela akan melakukan pembalasan kepada terduga pelaku pengeroyokan yang disinyalir adalah warga Gunung Terang. Keadaan di Desa Tajimalela pun sempat memanas pada senin malam.

Pada arahannya yang disampaikan di Masjid Nurul Iman Desa Tajimalela Kecamatan Kalianda Lamsel, Bupati Lamsel mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang, agar tidak terjadi hal-hal yang menimbulkan konflik berkepanjangan.

"Kita tidak boleh melakukan hukum rimba, harus kita lihat dulu akar permasalahannya apa. Jadi kalau bisa masyarakat jangat ikut terpancing emosi, kita selesaikan dulu secara musyawarah" Himbau Zainudin saat memberikan arahan, Senin (15/5) malam.

Lanjut zainudin, "Lebih baik kita tetap tenang dan tidak perlu melakukan hal sama, serta baiknya kita mengirimkan doa kepada sodara kita yang menjadi korban, agar beliau juga merasa tenang dan diterima disisinya".

Menurutnya, hal ini juga timbul akibat kurangnya pembinaan terhadap pemuda-pemuda. Maka dari itu, dirinya berjanji akan meningkatkan potensi-potensi pemuda yang ada di Lampung selatan agar lebih berkembang lagi.

"Nanti kan kita perbanyak lapangan kerja, kita gali juga potensi-potensinya. Sebentar lagi ada penerimaan Sat Pol PP, kemudian pihak Pemkab juga akan membuka 40-100 lowongan untuk THLS. Sehingga pemuda-pemudi kita bisa mendapatkan pekerjaan" Papar bang din (sapaan akrabnya).


Sementara Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian mengatakan, pihaknya sudah meringkus 3 orang terduga pelaku pengeroyokan, yang kini sudah diamankan di Mapolres Lampung Selatan.

Baca juga: Nonton Orgen Tunggal, Warga Desa Tajimalela Kalianda Tewas Dikeroyok

"Sudah kita tangkap 3 orang terduga pelaku, tapi total pelakunya belum bisa kita pastikan. Sebab, kita bekerja berdasarkan informasi. Oleh karena itu kita juga mengharapkan dukungan masyarakat lainnya untuk memberikan informasi, jangan menutupi informasi tersebut. Jadi kita akan lakukan pengembangan terus." Papar Adi saat diwawancara singkat kaliandanews.


Setelah memberikan arahan pada masyarakat Tajimalela di Masjid Nurul Iman, Bupati Zainudin mengunjungi kediaman keluarga korban untuk memberikan santunan berupa uang tunai, dan melakukan doa bersama, serta mengajak orang tua korban untuk beribadah subuh bersama di Masjid Bani Hasan.

Sebelum kedatangan Bupati, sekitar jam 20.00WIB, dilaporkan sejumlah masyarakat Desa Tajimalela menggunakan kendaraan bermotor kurang lebih 40 kendaraan, berencana akan mendatangi Desa Gunung Terang.

Namun berkat kesigapan aparat, rencana tersebut dapat dicegah dan rombongan kendaraan bermotor berbalik arah dan berkumpul di masjid Nurul Iman Tajimalela.

(nz)