Anasrullah Berhasil Datangkan Kapal Hibah untuk Rakyat Lamsel
Kategori Berita

Iklan Halaman Depan

Header Menu

Kamis, 05 September 2019

Anasrullah Berhasil Datangkan Kapal Hibah untuk Rakyat Lamsel


KALIANDANEWS, KALIANDA – Kapal Hibah yang dipercayakan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui SK Kementrian Perhubungan Nomor: KP. 448/DJPL/2019 (21/5/2019) tentang penerima Hibah Kapal Pelayaran Rakyat Tahun 2018 beberapa waktu lalu akhirnya tiba di PPI Dermaga BOM Kalianda, Kamis (5/9/2019).

Kapal bantuan dari kemenhub yang diusulkan oleh Anasrullah saat menjabat Kadis Perhubungan Lampung Selatan tersebut, berjenis Pelayaran Rakyat (Pera) Banawa Nusantara 73, GT. 34 No. 1784/Ia yang diperkirakan mampu menopang 30 Penumpang dan juga diharapkan dapat menunjang perekonomian masyarakat.

"Alhamdulillah kita memperoleh Kapal dari Kemenhub. Kapal ini nantinya akan digunakan untuk transportasi bagi masyarakat lamsel, terutama daerah terpencil agar bisa menunjang perekonomian masyarakat," Kata Anas beberapa waktu lalu, (28/06/19).

Berita Terkait: Dapat Kapal dari Menhub, Dishub Lamsel: Untuk Menunjang Perekonomian Masyarakat

Sementara itu, Kapal Pera yang sandar di Dermaga BOM sekitar Pukul 11.00 WIB tersebut, diterima langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Lampung Selatan saat ini Mulyadi Saleh, didampingi KSOP Bakauheni Iskandar, dan Syahbandar Bakauheni Iwan Syahrial.

"Kapal itu  nanti akan kita operasikan untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan konektifitas, terutama untuk transportasi ke Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku, juga untuk daerah-daerah terpencil lainnya," Kata Mulyadi.

Berdasarkan informasi yang diterima, Kemenhub telah melakukan serah terima Hibah Kapal Pelayaran Rakyat Pembangunan Tahun 2018 kepada 15 pemerintah daerah, di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada Senin, 15 April 2019 lalu.

Kapal Pera itu diberikan Kemenhub sesuai dengan program dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Direktorat Lalu Lintas Angkatan Laut kepada pemerintah daerah terpilih yang membutuhkan konektivitas dan untuk menunjang sektor parwisata dan perdagangan.

Kapal bernama Banawa Nusantara 73 itu memiliki kapasitas penumpang 24 orang, 10 ton barang, dengan kecepatan 9 Knot. Kapal Pera itu, juga telah dilengkapi dengan fasilitas peralatan yang lengkap dan cukup modern.

Seperti perlengkapan keselamatan jiwa, pencegah kebakaran, perlengkapan navigasi, radio komunikasi GPS, RADAR, GIS, VHF RADIO, Radio Portable, Kompas, dan SART. Kemudian ada fasilitas full Audio-Video, AC, Long Seat, Toilet, AC, Pantri, dan Cargo Hold.

Turut hadir juga menyaksikan, Kepala Dinas Pariwisata Lampung Selatan Rini Ariasih, Kepala Dinas Kominfo M. Sefri Masdian, Sekretaris Dinas Perikanan Dwi Jatmiko serta sejumlah pejabat dan pegawai Dinas Perhubungan Lampung Selatan. (Nzr/kmf)